World Clean Up Day, Tingkatkan Kesadaran Kebersihan Lingkungan

Sumbawa Barat. Diskominfo - Hari bersih-bersih sedunia atau Word Cleanup Day 2019 yang dilaksanakan serentak di 157 Negara, khusus di seluruh Indonesia juga dilaksanakan di 34 Provinsi, salah satunya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), provinsi Nusa Tenggara Barat. Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Telaga Bertong tersebut diikuti oleh ratusan peserta yang membersihkan lokasi sepanjang 2 Km di jalan raya lintas Poto Batu Kecamatan Taliwang KSB, Sabtu (21/9/2019).

 

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup KSB, Dedy Damhudhi yang turun langsung pada kegiatan Cleanup tersebut mengatakan pemilihan lokasi kelurahan Telaga Bertong dalam kegiatan bersih-bersih ini karena jalur ini adalah akses dari Taliwang ke tambang PT Aman Mineral Nusa Tenggara, penghubung Kecamatan dengan Kabupaten dan menjadi akses menuju destinasi pariwisata Poto Batu yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah KSB.

 

“Jalan ini adalah akses yang setiap saat dilalui oleh orang banyak sehingga menjadi pusat perhatian. Kita juga melihat hampir rata-rata konsentrasi titik sampah ada di sini. Untuk membantu Clean Up Day ini kami menurunkan Tosa, Damtruck, container sampah, Amrol dan membagikan ratusan karung sampah,” kata Dedy Damhudhi.

 

Dedy menambahkan, titik-titik penumpukan sampah di jalur Telaga Bertong ini dikarenakan oleh penataan lokasi pinggir jalan yang belum baik atau masih kumuh sehingga memicu orang untuk membuang sampah di lokasi tersebut. Apalagi di ujung pemukiman warga menuju patai Poto Batu masih terlihat banyak penumpukan sampah setiap hari. 

 

“Disamping edukasi memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, solusi lainnya adalah menata lokasi pinggir jalan menuju pantai ini dengan indah sehingga warga tidak berani membuang sampah di sini lagi, bahkan jika sudah indah dan nyaman pasti menjadi wisata desa,” kata Dedy.

 

Dedy berharap, dari kegiatan bersih-bersih yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, organisasi dan pemerhati lingkungan ini akan menggugah kesadaran masyarakat KSB yang melewati jalur ini sehingga tidak lagi sembarangan membuang sampah di jalan. 

 

Selain itu harapan besar Dedy kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi NTB untuk memperhatikan lokasi tersebut karena jalur Telaga Bertong adalah milik Prov NTB. Jika sampah terus-terusan menumpuk maka lingkungan akan menjadi rusak dan destinasi pantai Poto Batu tidak akan berkembang.

 

“Kami berharap kepada Dinas PUPR KSB untuk berkoordinasi ke Provinsi sehingga lokasi ini dapat ditata rapi. Karena kondisi yang kumuh seperti saat ini akan memberi peluang masyarakat membuang sampah di tempat ini,” kata Dedy.

 

Sementara di lokasi yang sama. Lurah Telaga Bertong, Syaiful Muslimin mengungkapkan, kegiatan Word CleanUp Day ini diikuti oleh seluruh warga kelurahan Telaga Bertong, Agen Peliuk, Agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong, Babinsa, Babinkamtibmas dan Komunitas Peduli Lingkungan (KAPULI KSB).

 

“Kami bersama masyarakat dan Komunitas Kapuli yang berisi para generasi muda millennial, dengan harapan generasi muda ini dapat mendorong seluruh anak muda lainnya untuk bergerak dan  peduli terhadap lingkungan,” kata Syaiful.

 

Bersih lingkungan ini juga, tambah Syaiful, menjadi target dalam penerapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Kelurahan Telaga Bertong. Untuk mencapai target tersebut pihak kelurahan telah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada warga dan kepada sekolah-sekolah yang ada di kelurahan tersebut.

 

“Kami memberikan sosialisasi kepada warga siang dan malam. Selain itu kami juga memberikan edukasi kepada murid sekolah yang ada di Telaga Bertong pada upacara senin, mengajak murid dan guru untuk menerapkan STBM di lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga,” kata Syaiful.

 

"Satu kata kunci yaitu keberhasilan membangun daerah ini ditentukan dari kekompakan dan kerjasama bergotong royong" Kata Syaiful.

 

Salah seorang warga Telaga Bertong, Aditia mengucapkan terimakasih kepada Pemda KSB dan kelurahan karena telah memfasilitasi Cleanup Day di Telaga Bertong. “Kami berterimakasih kepada semua pihak, ini sangat berarti bagi masyarakat disini, dengan adanya kegiatan ini lingkungan kami menjadi bersih dan nyaman.” Kata Aditia. (Feryal/tifa).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru