Siswa SMA Manben Lauk Mengolah Sampah

KM. Pohgading Timur – Melihat postingan di halaman Kampung Media yang kamikelelola, satu bulan yang lalu masalah pengolahan sampah dari daun pandan sisa pembuatan tikar menjadi kompos di desa mamben lauk bersama mahasiwa/i kkn tematik universitas mataram yang di tujukan kepada warga mamben lauk ini. Salah satu orang guru yang mengajar di SMA Almuhtariyah mamben lauk yang menceritakana kepada siswa-siswinya dan siswa-siswinyapu penasaran dan bertanya-tanya. Masak iya daun pandan bisa menjadi kompos?

Berawal dari rasa penasaran yang di milki oleh siswa-siswi tersebut, gurunyapun menghubungi saya dan meminta untuk mengajarkan kepada siswa-siswinya untuk membuat kompos dari daun pandan sisa pemnuatan tikar. Sudah satu minggu lamanya kami berdiskusi lewat media sosial agar rasa penasan yang dimiliki siswa-siswinya bisa terbayarkan. Kami sudah mengambil hari minggu akan tetapi siswa-siswi masik sibuk dengan kegiatannya karena sma almukhtariyah ini adalah sekolah sma yang luar biasa selain belajar mata pelajaran umum siswa-siwinya juga di ajakna pelajaran agama.

Dengan kesibukan siswa akhirnya saya menyerahkan kepada gurunya kalok memang tidak sibuk siswa-siswinya tinggal hubungi saya saja sambil berdoa semoga saja ada luang waktu untu siswa-siswa yang sudah mau peduli terhadap lingkungan tempat tinggal mereka. Selang beberapa hari tiba-tiba ibu guru menghubungi saya bahwa bahan-bahan sudah siap dan siswa-siswi mau peraktek hari kami mumpung merah tanggalan.

Sayapun siap karen tidak ada juga kegiatan hari ini, tadi pagi sekitar jam 08.00 kami sudah mulaia berkumpul di sma almuhtariah mamben lauk. Dalam penyampain materi siswa-siswi tersebut masih menyimpan rasa penasaran tentang bagaimana cara mengolah sisa daun pandan dari pembuatan tikar bisa menjadi kompos dan sangat antosias dalam mengikuti materi yang saya sampaikan.

Setelah penyampain materi kami langsung melakukanperaktek membuat kompos dari daun pandan yang sudah mereka kumpulkan. Dalam melakukan peraktek tidak begitu lama karena penympain materi tentang tata cara pengolahan daun pandan menjadi kompos sudah sangat detail dan mudah di lakuakn oleh siapapun asal memilik kemauna pedui terhadap sampah organic maupun anorganik. lebih-lebih sekarang bank sampah sudah ada disana di mamben lauk dengan nama bank sampah kurma yang di kelola oleh bapak abdurahman.

Pada akhitr perjumaan tadi siswa-siswi akan membuat di rumah mereka masing-masing karena bahan-bahan pembuatan kompos dari daun pandan cukuplah mudah serta rata-rata siswa-siswi yang ikut serta dalam membuat kompos dari daun pandan adalah orang taunya pengerajin pembuat tikar dari daun pandan. Semoga saja apa yang mereka lakukan hari ini bisa dilakukan agar mamben lauk khususnya bebas dari sampah.

By: Badri_asa

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru