Pentingnya Kesadaran Individual, Untuk Mensukseskan Zero Waste

Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, berbicara zero waste adalah berbicara mindset, berbicara kesadaran orang per orang yang ada disetiap lingkungan dan itu butuh support yang luar biasa, butuh sistem yang baik. Jangan sampai hulunya saja tetapi hilirnya juga dipersiapkan dengan baik. 

"Kita harus memahami bahwa Zero Waste ini bukan untuk kita, tetapi buat generasi kita yang akan datang," jelas Umi Rohmi.

Program Zero Waste yang dicanangkan oleh  pemerintah NTB merupakan program untuk mewujudkan NTB Zero Waste 2023. Kesadaran individual seseorang sangat penting untuk mewujudkan lingkungan sehat dan bebas sampah.

“Memang kita berprinsip bahwa harus dimulai dari diri sendiri. Bagaimana mungkin pemerintah NTB akan menggerakan program ini kalau tidak dimulai dari perangkatnya sendiri,” ungkapnya pada acara Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi yang digelar di RSJ Mutiara Sukma, Mataram (25/1).

Selanjutnya, Zero Waste yang dicanangkan oleh pihak rumah sakit jiwa (RSJ) Mutiara Sukma Provinsi NTB yang dirangkaiakan HUT yang ke 29 tahun akan diapresiasi masyarakat.

“Sampah-sampah yang ada dalam lingkungan RSJ harus dikelolah dengan baik dan arahnya harus jelas juga. Stop ada botol sekali pakai di tempat kita” harap Wagub.

Ia mengakui bahwa tantangan juga pasti akan sangat besar. Saat program ini dilaunching terlihat sangat gampang, karena persiapan yang dilakukan sangat sangat baik. Oleh karena itu, Umi Rohmi sapaan akrabnya Wakil Gubernur NTB itu sangat berharap kepada semua kalangan untuk sama-sama mengsuksekan program ini.

Ini merupakan upaya pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang seimbang dari tumpukan sampah yang bisa menyebabkan bencana.

"Selamat untuk RSJ yang telah mencanangkan Zero Waste. Sehingga program ini akan terus diawasi hingga tiga bulan ke depan," tambahnya. (Man)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru