Gotong Royong Cegah Bencana Musim Hujan

Antisipasi bencana di musim hujan Pemerintah Kecamatan Batulayar menggelar gotong royong. Gotong royong yang dilaksanakan pada hari Jum’at 15/11/18 melibatkan seluruh dinas instansi di Kecamatan Batulayar dan masyarakat Batulayar. Sesuai rencana, dua titik lokasi yang dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pembersihan, saluran di depan Kantor Camat Batulayar dan di Sungai Menange.

Sungai Menange merupakan sungai yang berhulu dari Dusun Orong Desa Batulayar dan hilir di sebelah Hotel Jayakarta. Sungai ini dari hulu hingga hilir melewati setidaknya enam Dusun yang mengakibatkan banyaknya sampah yang hanyut di kala musim hujan tiba. Menurut keterangan Plt Camat Batulayar, Sungai Menange ini merupakan sungai yang sebelumnya hilirnya sering meluap disebabkan oleh banyaknya sampah, demikian urai H. Mahyudin Plt Camat Batulayar di lokasi kerja bhakti.

Adapun selokan di depan Kantor Camat Batulayar merupakan selokan yang berasal dari jalur Utara Dusun Melase Desa Batulayar dan bermuara di Pantai. Masing-masing instansi termasuk masyarakat di Batulayar ikut pada saat gotong royong. Banyaknya sampah yang tersangkut di jembatan Gering membuat air tidak dapat mengalir dengan normal dan pemerintah kecamatan pun berinisiatif mengeruk sampah dengan bantuan alat berat dari Kabupaten.

Semua instansi di Kecamatan, kepala dusun, dan masing-masing Kepala Dusun diminta untuk membawa 10 orang masyarakat sebagai perwakilan untuk ikut berpartisipasi, begitu ujar Kasi Trantib Kecamatan Batulayar, Herman Rogo.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru