Pemdes Rensing Bat Bangun Puluhan Bak Sampah

RENSINGBAT.DESA.ID_Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur  berupaya menanggulangi permasalahan sampah dengan menyediakan dan membangun bak sampah di setiap halaman Rumah warga. Bak sampah tersebut di bangun sebagai upaya menerapkan pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah pada sembarangan tempat.

Pembangunan bak sampah tersebut di danai oleh Pemerintah desa melalui Dana Desa tahun anggaran 2018 tahap II, Bak sampah tersebut akan di bangun sebanyak 150 buah yang tersebar di Tiga Dusun dengan ukuran diameter 100x100 Centimeter dengan tinggi 70 Centimeter.

Kepala Desa Rensing Bat saat di tanya tentang pembangunan bak sampah ini menjelaskan, Sampah-sampah yang di buang ke bak sampah ini nantinya bisa di bakar dan bekas pembakarannya bisa di buang ke ladang Tanak Kaken bagi masyarakat yang ada di Dusun Rensing Bat dan sebagian warga yang ada di Timuk Rurung, Sementara warga yang ada di dusun Lepok dan Timuk Rurung bagian utara dan timur bisa membuangnya ke pengadep Dusun Timuk Rurung. Mudah-mudahan dengan adanya bak sampah ini masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai dan sembarangan tempat.

Lebih lanjut kades menjelaskan, “Insyaallah di tahun 2019 mendatang pemerintah desa akan membangun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sekaligus sebagai tempat pembakaran yang menurut rencana akan di bangun di dua tempat yaitu di Dusun Rensing Bat tepatnya di Ladang Tanak Kaken dan yang kedua di sebelah barat Sungai pengadep Dusun Timuk Rurung. Mudah –mudahan dengan adanya bak sampah ini bisa mengurangi permaslahan sampah yang selalu di keluhkan masyarakat di Desa Rensing Bat dan mudah-mudahan masyarakat juga akan sadar tentang bahayanya sampah yang di buang pada sembarangan tempat,” Tutup kades. (a_m)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru