Toga Sedin Gunung, Toga Terintegrasi.


Batu putih KIM,-Kelompok Taman Obat Keluarga (Toga ) Sedin Gunung Desa Batu Putih Kecamaatan Sekotong Lombok Barat mengintegrasikan semua kegiatan kelompok dengan berbagai lintas sektoral.

Kelompok toga yang terbentuk sejak tahun 2017 tersebut,menyatukan antara pengolahan tanaman obat keluarga dengan kelompok budidaya madu trigona dalam satu kawasan.

Budidaya madu trigona berada di bawah binaan dinas kehutanan lobar,sementara pengadaan tanaman bekerjasama dengan pemerintah desa batu putih,puskesmas pelangan dan dinas pertanian dalam bentuk kelompok kelompok tani.Di samping itu di kawasan tersebut juga terdapat lembaga pendidikan anak usia dini.

Kelompok toga sedin gunung berlokasi di Dusun Tibu Baru Desa Batu putih.Nama Sedin Gunung di pilih karena lokasinya berada di sedin (Pinggir:sasak.red) gunung.Di kawasan kelompok toga ini terdapat sekitar 200 jenis tanamam obat.Semuanya di ambil dari kawasan hutan di sekitar wilayah tersebut.

Terbentuknya kelompok toga ini bermula dari hobi ketua kelompok toga dalam mengoleksi tanaman hias khususnya tanaman obat.Dari hobi tersebut kemudian kepala puskesmas pelangan menyarankan untuk membentuk kelompok toga,seperti desa lainnya yang sudah sukses.Salah satunya desa sekotong tengah yang pernah juara 3 lomba toga tingkat nasional tahun 2017.

Demi mengembangkan potensi yang ada,dengan berkoordinasi bersama pemerintah desa batu putih,toga sedin gunung mendapatkan anggaran dana pembinaan melalui dana desa.

"Alhamdulillah,pemerintah desa batu putih memberikan suport kepada kelompok toga sedin gunung,saat kami mengikuti lomba toga tingkat provinsi pada tahun 2018 ini,kami di berikan dana pembinaan sebesar 12 juta,"Terang munajah yang juga merupakan kepala dusun tibu baru.(sid).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru