Mengabdi di Usia Senja

Pagi hari sebelum pergi ke sekolah sekitar jam 7, saya melihat seseorang yang sudah tidak muda lagi usianya sedang sibuk memindahkan sampah dengan keranjang rotannya, tetapi yang membuat saya menjadikannya sebagai objek foto karena akan semangatnya yang tinggi dan begitu gigihnya membersihkan sampah di lingkungan BTN Taman Baru. Beliau tentunya sangat berjasa, karena jasanya wilayah yang dibersihkannya menjadi lingkungan sehat.

Lingkungan yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan semua orang karena akan membuat para warga merasa nyaman dan lingkungan menjadi enak dipandang, bayangkan saja jika di sekitar rumah penuh dengan tumpukan sampah yang membuat udara sekitar menjadi tidak sedap, sangat tidak menarik bukan?

Sedangkan, lingkungan yang kotor ternyata dapat menimbukan berbagai macam penyakit. Apalagi saat ini Kota Mataram sedang dilanda musim penghujan, tentunya hal ini akan mengakibatkan penyakit akan semakin mewabah, penyakit yang bisa muncul adalah seperti DBD (Demam Berdarah Dengue), disentri, cacingan, penyakit kulit dan masih banyak lagi. Kebersihan sangat penting bagi kesehatan kita, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya memang sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi orang-orang yang tidak peduli akan kebersihan lingkungan sekitar, hal ini akan menyusahkan para petugas kebersihan karena harus bekerja lebih ekstra lagi dan juga jika orang itu tidak memiliki kesadaran diri, semakin lama akan menimbulkan bencana alam yang dapat merugikan. contohnya seperti banjir, banjir terjadi karena banyaknya sampah yang berserakan sehingga menghambat aliran air.

Untuk menciptakan lingkungan hidup yang sehat sebetulnya tidaklah sulit. Hal ini bisa di awali dari hal-hal kecil, seperti tidak membuang sampah sekecil apapun di sembarang tempat. Lingkungan yang sehat bersih dan nyaman adalah lingkungan yang terbebas dari kontaminasi kotoran dari lingkungan yang ada di sekelilingnya. Sebenarnya dengan jasa petugas kebersihan, kita menjadi sangat terbantu karena tida perlu repot membawa sampah ke tempat pembuangan akhir. oleh karena itu, sudah sewajarnya kita membantu petugas kebersihan dengan cara tidak lagi mengotori lingkungan dengan sampah-sampah yang seharusnya dibuang ke tempatnya .

Upaya yang lain pun dapat dilakukan, tentu dengan kerjasama yang baik antara semua pihak. Bukan hanya terbatas pada individu tapi juga pada masyarakat serta ketegasan pemerintah diikuti kepedulian yang tinggi terhadap masalah kebersihan.

Sekian dan terimakasih khususnya kepada Beliau,petugas kebersihan berusia senja yang dengan semangat tinggi mengabdi membersihkan lingkungan.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru