HUT Kemerdekaan Rebuplik Indonesia

Rabu 17 agustus 2016 menandai ulang tahun Rebuplik Indonesia yang ke-71. Hari kemerdekaan RI ini turut dirayakan oleh Pemuda Kampo Samporo di Kel Bali Kec Dompu Kab Dompu. Ada sisi lain yang menginspirasi banyak orang, mereka semua tampil menunjukan kecintaannya terhadap bangsa indonesia dengan cara melakukan upacara dan penyibaran bendera merah putih. 

Kegiatan acara yang dilakukan di lingkungan bali satu timur Kampo Samporo ini mengundang banyak perhatian, ibu-ibu pedangang ikut menyaksikan keberlangsungan kegiatan dengan cara menyanyikan lagu kebangsaan dan memberikan ribuan pujian serta rasa terimakasih atas kepedulian dalam menggingati bahwa hari ini adalah hari kemerdekaan Indoensia. "Meski kegiatannya terlihat sederhana tetapi kami bangga dengan anak muda yang seperti ini mampu mencontohkan kebaikan" ungkap Ta'asiah salah satu pedagang rempah. 

Tidak hanya itu, kegiatan yang berlangsung selama 1 jam yang dilakukan tepat pada pinggiran sungai dan pasar ini berjalan dengan baik. "Ada kebahagiaan tersendiri saat bisa mengumpulkan adik-adik, teman-teman dan orang disekitar lingkungan untuk merajut asa dalam kesatuan yang utuh dalam membentuk karakter dan jiwa adik-adik untuk tetap terus mencintai dirinya sendiri, daerah dan bangsa". tegas pimpinan upacara ketua karang taruna bali satu saat diwawancarai. 

ditambahnya bahwa upacara ini diselengarakan dengan seksama dalam mengobarkan semangat 45, menghormati jasa para pahlawan yang berani menantang ribuan musuh, dari penjajahan dan pembodohan. 

Penutupan dari acara ini sendiri, pemuda Kampo Samporo melakukan aksi pembersihan sampah diarea sekitar pasar dan sungai. Dalam aksi ini mengingatkan kepada masyarakat khususnya para pedangan pasar yang sering kali membuang sampah sembarang di bantaran sungai sori silo tidak lagi terjadi karna dampak ini semua dapat menganggu kesehatan, sehingga dampak besar adalah warga kampo samporo itu sendiri."Kami betul-betul ingin peduli dengan lingkungan, peduli kebersihan, peduli kesehatan, untuk mewujudkan Dompu Bebas Sampah" ungkap Bastian pimpinan upacara.

Tidak hanya itu antusia adik-adik peserta dalam  menyanyikan lagu Indonesia Raya terlihat sangat tegas dan bahagia, mereka sungguh serius menatap bendera merah butih. 

Merdeka Indonesia 
Hiduplah Indonesia Raya.
Indonesia tanah airku,Tanah tumpah darahku,
Di sanalah aku berdiri,
Jadi pandu ibuku.
Indonesia kebangsaanku,
Bangsa dan tanah airku,
Marilah kita berseru,
Indonesia bersatu.   () -01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru