Ahad Bersih, Pelajar Susur Sungai

KM Bali 1, Dompu-Keresahan masyarakat terhadap makin menumpuknya sampah membuat beberapa komunitas di kabupaten Dompu bergerak dan melakukan tindakan nyata dalam mengurangi populasi sampah di Kabupaten Dompu. Tidak hanya itu, komunitas – komunitas ini bergabung dan mengajak masyarakat dompu untuk ikut dalam kegiatan yang dinilai sangat bermanfaat ini.

“Disini ada 4 komunitas yang terdiri dari komunitas karang taruna Dompu dan woja, Komunitas Pemuda Pancasila, Srikandi Pemuda Panca Sila, dan Gabungan Mahasiswa Pencinta alam Dompu di STIE Yapis dan kabupaten Bima Bima”, ungkap salah seorang panitia kegiatan tersebut. Selain keempat organisasi itu, lanjutnya, Kegiatan ini juga diikuti oleh para pelajar di semua tingkat pendidikan di Kabupaten Dompu dan masyarakat umum yang dengan suka rela berpartisipasi.

Kegiatan yang berlangsung pada ahad (29/11)  dari pagi hingga menjelang siang ini, mengagendakan membersihkan sampah-sampa yang bertebaran di sepanjang aliran sungai yang melewati daerah perkotaan dompu seperti Sungai Silo hingga ke kelurahan Karijawa, Sungai Raba Laju, dan beberapa sungai lainnya.

“kegiatan ini bertujuan untuk lebih menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersiahan lingkungan”, jelas Salah seorang Panitia kepada Kampung Media Dompu. Sampah – sampah yang diambil dari aliran sungai tersebut kata Panitia, dimasukkan kedalam kantong plastik lalu kemudian akan dikumpulkan untuk didaur ulang kembali.

Sebelumnya komunitas – komunitas ini sudah sering kali melakukan kegiatan yang sama yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan. [Siol] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru