Berkah Hujan Mengguyur Kabupaten Bima

KM. Palibelo - Kemarau panjang yang melanda Kabupaten Bima, berkah hujan yang mengguyur beberapa wilaya yang ada di kabupaten Bima walaupun belum begitu merata, kamis, (25/11 – 15), sekitar pukul 12 15 wita. Musim kemarau panjang rintik Hujan menjadi sesuatu amat di rindukan masyarakat sekitarnya, gara gara fenomena El Nino, atmosfer lagit Indonesia cenderung minim awan hujan.

Tapi tak selamanya keberkahan hujan itu putus. Allah telah membuktikan bahwa kuasanya Maha Besar. Dalam kurun 6 (enam) Bulan pekan terakhir, beberapa daerah di Bima menerima keberkahan tak ternilai dengan turunnya hujan berintensitas sedang hingga deras yang membasahi sebagian wilaya kabupaten.

Beberapa warga Dusun II Dore pun bercerita sama Wartawan ini,” bahwa air hujan yang turun ini mudah mudahan sudah bisa memenuhi sedikit debit sumur dan bak mandi yang sebelumnya sudah sempat mengering karena kesulitan air bersih. Berkah itu pun dirasakan nyata oleh para Warga sekitarnya,   menyebutkan air hujan yang turun ini, dan mudah mudahan akan menghijaukan kembali tanaman pangan Masyarakat tani yang telah layu akibat musim kemarau panjang. “tuturnya.

Lantas apa yang menjadi penyebab ilmiah bisa turunnya hujan di musim kemarau panjang ini? jika dijelaskan secara ilmiah, ternyata hujan di musim kemarau itu memang dapat dijelaskan teorinya. Berdasarkan liputan Wartawan ini  beberapa Bulan lalu Jum’at (15/05-15), Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima Teguh Murbianto, di ruangan kerjanya, Musim kemarau bukan berarti tidak ada hujan. “katanya.

Namun tetap saja, musim kemarau akan menyebabkan hujan deras berlangsung lama hingga mengguyur basah dan sebabkan banjir. Karena semua kondisi atmosfer, angin, suhu, kelembaban dan tekanan di musim kemarau mengarah pada kecenderungan gersang dan tandus. Membawa udara panas dari sisi tengah Indonesia, dari gurun gersang. “tuturnya. (ipul) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru