Kades Perampuan Terapkan Program "SAMPAH MENUJU NOL"

KM AL FALAH...Program Kepala Desa Prampuan Sarhan untuk meminimalisir pembuangan sampah pada bukan tempatnya dan menghilangkan tumpukan-tumpukan sampah di dusun Prampuan adalah dengan menerapkan program "sampah menuju nol". 

Program tersebut akan diterapkan ke seluruh dusun yang ada di wilayah desa Prampuan tapi secara bertahap mulai dari dusun satu ke dusun yang lain.

Kades Perampuan merealisasikan program tersebut sudah 4 bulan yang lalu mulai dari dusun Prampuan dan hasilnya cukup memuskan dilihat dari bersihnya tumpukan-tumpukan sampah di dusun tersebut.

"dulu tumpukan sampah di tanah milik orang sampai 6 tempat di dusun ini saja tpi sekarang sudah tidak ada, bisa dicek" Kata Kades Prampuan kepada KM Al Falah di kantor desa setempat Kamis (12/11).

Strategi yang digunakan dalam mengimplementasikan program tersebut dengan cara sederhana dan masyarakat tidak mersa dibebankan yaitu dengan menaikkan harga beras sebanyak dua ribu rupiah dari harga semula 8000/5 kg sehingga masyarakat membeli beras murah dengan harga 10.000/5 kg. 

Sebelum diterapkanya program ini, masyrakat setempat dikumpulkan dan dijelaskan harga Raskin yang sebenarnya dan dinaikkan dua ribu untuk kebrrsihan. Masyarakat langsung merespon positif dan mendukung program Kades.

Menurut Sawaludin salah satu warga dusun setempat mengatakan dengan dana kebersihan 200/KK, dusun perampuan desa perampuan menjadi bersih dan tidak ada lagi tumpukan sampah "lingkungan ini sudah bersih dengan gerakan dua ribu" ujarnya.

Hal senada juga dituturkan oleh Ketua BPD Desa Karang Bongkot H. Zubaidi "program ini cukup baik dan masyrakat tidak merasa terbebani" terangnya. (Abrar, KM al falah) -01

 

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru