Kuburan Tidak Lagi Seseram Namanya

KM TNC. Ungkapan itu layak di pertanyakan, karena sebagian besar masyarakat kita kalau berbicara kuburan pasti di pikiran kita ialah angker, banyak syetan maupun jin dsb. Namun lain halnya di 2 lingkungan yang ada di Kota Bima, dimana kuburan dijadikan sebagai ntempat bermain oleh sebagian anak-anak di sekitar lingkungan tersebut sebut saja Kampung Rade Kelurahan Rabangodu Utara dan Kampung Rade Kelurahan Rabadompu Barat.

Jika kita melewati 2 lingkungan tersebut kita bisa melihat aktifitas anak-anak ada yang bermain sepak bola, petak umpet, layang-layang maupun hanya sekedar nongkrong dll. Mungkin kita itu hal yang biasa tetapi bagaimana jika kuburan tersebut jadi area bermain anak di saat malam hari pasti bulu kita merinding dsb.

Namun itulah yang terjadi di 2 lingkungan tersebut, anak-anak dengan bebasnya bermain petak umpet tanpa merasa takut dan was-was. Hal tersebut oleh anak-anak dianggap biasa Zidan panggilannya mengungkapkan “kami tidak takut karena sudah terbiasa, kami bermain pagi, siang bahkan sampai malam hari apalagi di kuburan yang dulu gelap sekarang sudah terang dengan adanya beberapa lampu penerang” ungkapnya dengan polos.

Syafruddin warga setempat menjelaskan “kuburan dulu ditakuti oleh oarang-orang namun sekarang anak-anak dengan riang bermain didalam lingkungan kuburan karena beberapa tahun ini oleh pemerintah memasang lampu penerang sehingga anak-anak bisa bermain seperti layaknya di pagi maupun siang hari” jelasnya.

Lain lagi di Lingkungan Rade Rato Kelurahan Rabadompu Barat beberapa hari ini TPU setempat sudah terlihat terang dan tidak lagi segelap dulunya, dulu masyarakat yang tinggal diwilayah sekitar jarang keluar rumah setelah shalat isya walaupun posisi TPU tidak jauh dari keramaian jalan raya Ririn salah satu ibu rumah tangga yang tinggal disekitar TPU tersebut merasa tidak lagi was-was atau takut untuk jalan-jalan keluar “alhamdulillah beberapa hari ini oleh pemerintah Kelurahan Rabadompu Barat melakukan pemasangat penerangan lampu di TPU jadi kami tidak lagi merasa takut” tuturnya.

Masyarakat tidak lagi merasa Kuburan yang harus ditakuti karena itu merupakan tempat terakhir bagi seluruh manusia “saya berharap seperti ini bisa diterapkan dilingkungan Kelurahan lainnya sehingga tidak ada lagi lingkungan atau khususnya TPU yang gelap dan seram karena tidak adanya penerangan” harapnya.

“hal ini juga bisa mengurangi hal-hal yang tidak kita inginkan terutama sebagai tempat persembunyian/pelarian para pencuri dan hal ini dapat mempercantik lingkungan” lanjutnya. Alamsyah () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru