Pemuda Pelopor Perubahan


Pagi-pagi sekitar pukul 08:15 hari Minggu, Tanggal 22 Maret 2015 beberapa pemuda pemudi berdatangan ke Masjid Nurul Iman Dusun Lantan Duren Desa Lantan untuk melakukan pembersihan baik di dalam maupun di halaman masjid. Anak-anak juga sangat antusias dalam mengikuti pemebersihan di Masjid, mereka kelihatan sibuk ngepel dan membersihkan semua jendela yang terdapat banyak debu, begitu juga dengan kamar mandi dan tempat wudhuk tidak terlupakan.

Salah seorang pemuda berkata kepada Herman yang kebetulan menjadi bendahara Masjid yang sempat hadir dalam acara pembersihan : “kak bagaimana jika mulai sekarang kita tata masjid ini biar keliharan bersih dan indah dengan cara memilih atau membeli bunga-bunga yang indah serta pot-pot yang cantek dan manis dilihat”

Herman juga mengiyakannya yang penting masjid tetap bersih dan indah serta yang lebih pentingnya lagi adalah bagaimana masjid ini kita isi sebanyak (seramae) setiap waktu dan lebih-lebih pada malam Jum’atnya.

Agenda rutin yang dilakukan oleh pemuda pemudi yang tergabung dalam sebuah organisasi rakyat atas nama Forum Pemuda Cinta Perubahan (FPP) yang sudah didirikan + 1 Tahun, agenda kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah berdasarkan momen tertentu dan keberadaan anggaran yang tersedia.

Beberapa kegiatan yang pernah dilakukan oleh Forum Pemuda Cinta Perubahan ini seperti peringatan hari besar islam, konservasi (penanaman pohon) yang telah dilakuka beberapa bulan lalu dengan cara membuat  iyuran di internal kelompok untuk membuat bibit secara swadaya dan setelah besarnya, mereka tanam sendiri dan melakukan pemeliharaaan. Begitu juga kegiatan di bidang sosial yang pernah mereka lakukan adalah BEDAH RUMAH. Bedah rumah ini di lakukan di dusun setempat dan memilih rumah warga yang dikategorikan paling miskin dan kategori jompo.

Keanggotaan pemuda ini lebih banyak masih mengenyam pendidikan (kuliah) sehingga beberpa program yang seharusnya di jalankan mandek diakibatkan banyaknya kesibukan yang mereka hadapi di kampus masing-masing.

Ketua Forum Pemuda Cinta Perubahan (Aria Dirawan) Menegaskan “kami sebagai agen perubahan bangsa akan memulai dari hal yang paling sederhana, konsepnya Membangun dusun untuk indonesia sebab hal yang besar akan memulai bisa perubahan di mulai dari hal-hal yg kecil. Sebagai bukti nyata perubahan yang kami hajatkan ini tersalurkan dengan berbagai kegiatan yang kami laksanakan, mulai dari yang berifat sosial kemasyarakatan sampai yang bersifat pelatihan pendidikan sederhana.

Saat ini (FPP) sedang membangun kerjasama pembuatan perpustakaan sederhana, dimana setiap anggota dan pengurus diwajibkan menyumbangkan buku bacaan sebagai sumber membaca. Mengingat saat ini kita dihadapkan pada permasalahan global yaitu kurangnya minat baca yang mengakibatkan kita ketinggalan pada informasi.

Berdasarkan kondisi saat ini, bahwa keberadaan organisasi FPP telah banyak membantu perubahan-perubahan yang terdapat dalam masyarakat. Hal ini tercermin dengan antusiasme dan dorongan dari masyarakat.

Mengingat kondisi geografis Desa Lantan yang tersedia dengan sumber daya alam berupa ketersediaan air dan sumber daya alam lainnya, Organisasi ini juga mengadakan kegiatan yang bersifat pelatihan yaitu berupa pelatihan pembuatan Pakan ikan dan bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan (LP2IP) Mataram. Saat ini juga teman-teman dan pengurus lainnya sedang fokus pada pelatihan pengelolaan ikan karper, hal ini didukung dengan bantuan pengadaan bibit ikan yang difasilitasi oleh ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan (LP2IP). 

Mengingat pertumbuhan penduduk khususnya di Desa Lantan semakin pesat, maka tugas utama pemerintah dan pemuda serta masyarakat lainnya adalah memberikan ruang terhadap pertumbuhan penduk tersebut supaya persiapan generasi dari waktu ke waktu mampu dipersiapkan dengan maksimal. Hajat Forum ini untuk selanjutnya adalah memberikan perubahan dan perbaikan generasi. Generasi dulu dengan generasi sekarang dan generasi yang akan datang adalah ibarat mata rantai, jika salah satu mata rantainya rusak atau keropos, maka mata rantai beriktnya juga akan rusak dan patah, begitulah analogi sederhan yang sering disampaikan oleh pengurs inti  Forum Pemuda Cinta Perubahan saat sedang duduk sambil ngopi bareng dengan anggota lainnya.

Dengan demikian kegaiatan nyata saat ini adalah memberikan pendidikan dasar berupa menyelanggarakan program Diniayah Awaliyah yang diperuntukkan untuk adik adik yang masih berusia dibawah 15 tahun tentunya dalam rangka mempersiapkan generasi hari sekarang untuk generasi hari esok. [] - 03

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru