Gotong Royong Jelang Tanam Padi

KM Taliwang - Jum’at pagi (9/01). Di jalan utama desa Banjar, Pak Cink nampak tergupuh-gupuh sembari memanggul cangkul. Langkahnya semakin cepat. Saya mengekori pelan-pelan dan langkah pak Cink baru terhenti tatkala sekerumunan orang sudah mulai beraktifitas. Ia sudah tak sabar untuk ikut berpartisipasi. Sebab, ia juga memiliki sawah yang mesti diairi. Maka wajib Gotong Royong.  

Berbagai elemen masyarakat ikut dalam aktifitas tersebut. Diantaranya aparat berbaju loreng hijau. Sembari mengarahkan dan ikut pula membersihkan parit. Karena sebentar lagi musim tanam padi segera tiba. Seiring musim hujan sudah datang.

Kegiatan Gotong Royong ini dilakukan hampir diseluruh desa di Kabupaten Sumbawa Barat. Ini dialukan agar aliran air menjadi lancar. Sehingga para petani tidak saling adu mulut dalam mengairi sawahnya. Sebab tidak jarang para petani berebut air dan jika tidak segera ditangani maka akan berakibat demikian.   

Nilai positif lain dari Gotong Royong ini adalah menjaga kerukunan warga Sumbawa Barat dan keharmonisan sesama petani untuk ikut melestarikan tradisi Gotong Royong yang sudah mulai berkurang pada masa kini. [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru