Gerakan Menanam Sejuta Pohon

FKGP NTB.....Lingkungan yang bersih, sehat, indah, aman dan rapi (BERSINAR) merupakan impian semua kita yang menginginkan udara yang sejuk tanpa ada polusi yang  mencemarinya. Lingkungan yang sehat dapat tercapai apabila terdapat perubahan pola pikir tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam semesta. Perubahan pola pikir ini akan memberikan nilai positif terhadap keseimbangan ekosistem termasuk menjaga perubahan iklim global atau pemanasan global (global warming). Perubahan iklim global merupakan malapetaka yang akan datang! Kita telah mengetahui sebabnya - yaitu manusia yang terus menerus menggunakan bahan bakar yang berasal dari fosil seperti batu bara, minyak bumi dan gas bumi.

        Kita sudah mengetahui  sebagian dari akibat pemanasan global ini yaitu mencairnya tudung es di kutub, meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badai besar. Kita juga telah mengetahui siapa yang akan terkena dampak paling besar - Negara pesisir pantai, Negara kepulauan, dan daerah Negara yang kurang berkembang seperti Asia Tenggara. Pemanasan global ini juga, akan memusnahkan kehidupan umat manusia apabila tidak segera diambil solusinya akibat dari perubahan iklim tersebut.

       Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga perubahan iklim global ini dengan cara membuat alam yang kita cintai ini menjadi hijau. Dalam artian, menanam pohon sebanyak-banyaknya baik di lingkungan pekarangan maupun tempat yang kita anggap sangat gersang. Penanaman pohon ini juga memberikan efek positif bagi manusia karena disamping fungsinya sebagai penahan air saat musim hujan datang juga memberikan manfaat bagi manusia. Penanaman pohon ini juga merupakan langkah awal menjaga keseimbangan alam semesta ini dari kepunahan dan perubahan iklim global.

       Kami dari FKGP NTB yang berada dibawah bendera Lembaga Pemerhati dan Pecinta Hutan Nusa Tenggara Barat (LP2H NTB)  bersama-sama mencanangkan sebuah gerakan menghijaukan NTB dengan penanaman sejuta pohon sebagai langkah riil untuk membuat alam yang bersih, sehat, indah, aman dan rapi (BERSINAR) sesuai dengan harapan dan impian yang kita idam-idamkan. Gerakan penanaman sejuta pohon ini diperuntukkan bagi seluruh lingkungan yang dianggap masih gersang dan penanaman di tepi jalan, baik jalan propinsi, kabupaten, kecamatan dan desa yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan pola kemitraan dengan masyarakat dalam menyukseskan program ini. Kemitraan ini berfungsi sebagai ikatan dalam menyukseskan program ini karena dengan begitu masyarakat akan merasa memiliki tanggung jawab dalam menjaga, memelihara pohon yang sudah ditanam.

        Dengan program ini, kami berharap ada dukungan dari semua pihak khususnya pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat yang merupakan kepala pemerintahan di daerah ini beserta instansi terkait. [] - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru