Botol Plastik Kurangi Pencemaran

KM. Cankon. Bcmp GA. Botol pelatik merupakan benda yang tak asing kita liat [familiar] bahkan bermanfaat bagi kehidupan. Walaupun bentuknya sederhana kecil, lonjong dan melengkung-lengkung tapi sebenarnya bermanfaat untuk keperluan dan kepentingan kehidupan sebagai penghidupan. Botol pelatik yang sering dicari-cari kesana kemari oleh para pemulung, karena bisa menambah uang saku.

Eeehhh ternyata botol pelastik mempunyai hal yang penting buat kehidupan, namun tidak seirama dengan lingkungan. Ternyata botol pelastik yang sering dicari itu tidak mudah dioalah oleh tanah. Ia memerlukan beribu-ributahun untuk dapat diolah.

Membuang sampah organic dan anorganik salah satunya botol pelatik sembarangan akan berdampak pada lingkungan. Dampak ini pasti negatif terhadap peri kehidupan, seperti penumpukan botol pelastik berlebihan akan menyebabkan drainase air akantersumbat sehingga mengakibatkan banjir.

Untuk mengurangi dampak yang tidak diinginkan, perlu dilakukan pengolahan dan pengelolaan. Bebrapa cara dapat dilakukan yaitu memanfaatkan botol pelastik sebagai barang seni. Barang seni ini dapat berupa kap lampu hias, pot bunga dan serta bunga-bunga jelmaan yang sering kita liat dari kreasi  tangan-tangan kreatif.

Kereasi dari tangan-tangan kreatif ini pula selain dari keindahan bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan, botol pelastik tersebut disulap menjadi kap lampu bagian dari pengolahan sampah untuk mengurangi dampak lingkungan. Ini merupakan wujud yang paling sederhana nyata dari bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan. [] - 01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru