Gunung Tambora Diplot jadi Taman Nasional

KM Wadupa’a: Gunung Tambora tidak hanya memiliki catatan sejarah Geologi yang unik mengundang perhatian banyak pihak. Lebih dari itu gunung pernah meletus beberapa abad yang menjadi kebanggaan masyarakat Bima dan Dompu tersebut menyimpan sejumlah sumber daya seperti cagar alam, taman burung dan satwa marga. Kini status gunung Tambora sedang diusulkan pemerintah menjadi Taman Nasional (TM).

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Provinsi NTB, Bambang Dwidarto, SH menyatakan, Pemerintah Kabupaten Bima dan Dompu sangat serius mewujudkan Gunung Tambora sebagai taman nasional. Setelahh peningkatan status, maka pengamanan di wilayah itu secara otomatis meningkat, sehingga bisa meminimalisasi aksi tangan-tangan jahil. “Kami melihat keseriusan dua Pemda, karena memang itu bergantung keseriusan Pemerintah Daerah,” ujarnya  Kantor Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Provinsi NTB, belum lama ini.

Gunung Tambora Selatan terdiri dari Cagar Alam seluas 23.840,81 hektar, Satwa Marga (21.674,68 ha)  dan Taman Burung (26.130,25  Ha). Selain itu di sekitar wilayah tersebut terdapat pulau vulkanik, Taman Wisata Alam (TWA) laut pulau Satonda. Beberapa potensi yang dimiliki pulau tersebut di antaranya ikan karang, Chaetodon spp, Heniochus spp, Nasolituratus, Caesio spp, potensi fauna kera abu-abu, sanca, landak, belibis, elang laut, dara laut, potensi flora  di antaranya Lagerstroemia speciosa, Terminalia catappa, Oputia sp, potensi terumbu karang di antaranya Acropora spp, Anacopora spp. (FS) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru