Gotong Royong Membersihkan Parit

KM TNC. Masyarakat di Kelurahan Rabadompu Barat dan Timur Kecamatan Raba Kota Bima yang tergabung dalam kelompok tani so Raba Dadi, Raba dalam bahasa Bima yang artinya bendungan Minggu (16/11) pagi bersama-sama melakukan gotong royong membersihkan parit untuk irigasi sepanjang so Jati dan so tolokawinda Kelurahan Rabadompu. kegiatan tersebut rutin di lakukan para petani apalagi di saat musim kemarau saat ini dan memasuki musim penghujan.

Pagi-pagi puluhan petani bersama-sama melakukan gotong royong, dengan beralatkan sabit, sekop, karung dan cangkul.

“kegiatan ini rutin kami lakukan, apalagi sebentar lagi memasuki musim penghujan parit-parit perlu dibersikan terutama tanaman-tanaman/rumput-rumput serta gundulan tanah agar tidak menahan air nantinya” ungkap Hafid salah satu warga Kelurahan Rabadompu.

Hal senada diungkapkan Ua Nasir sapaannya “untuk mendapatkan air yang banyak dan bisa memenuhi pasokan air untuk sawah kami khususnya yang ada di kawasan Raba Dadi maka perlu dilakukan pembersihan secara rutin” ungkapnya di lingkungan setempat.

Dalam beberapa bulan belakangan ini para petani kesulitan mendapatkan pasokan air dari sumber mata air yang ada di kawasan Nungga karena harus berbagi dengan PDAM. “kami berharap kepada pemerintah dan instansi terkait untuk bersama-sama mencari solusi agar pasokan air untuk para petani ketika musim kemarau dan pasokan air bersih untuk PDAM dapat terpenuhi, kami berharap pemerintah bisa membangun bendungan yang dapat menampung air yang berskala besar” harap para petani so Raba Dadi. Alamsyah [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru