Baralau Belajar dari Kesalahan Masa Lalu

Monta-Bima—Camat Monta Drs Ruslan H Musa yakin secara fisik maupun data desa Baralau akan keluar sebagai juara lomba desa tingkat Kabupaten Bima tahun 2014. Keyakinan ini didasarkan pada kenyataan di lapangan, dimana lingkungan tertata rapi didukung dengan kelengkapan data administrasi desa.

“Menurut pandangan kami selaku tuan rumah Baralau, ini sudah luar biasa. Begitu juga kami harapkan dari penilaian dari Tim Juri,” katanya di acara penilaian lomba desa, Senin (28/4/14) lalu.

Ruslan meyakini, dari segi penataan lingkungan dan 10 indikator penilaian lainnya akan membawa Baralau menjadi juara. Apalagi pada tahun 2012 lalu, Baralau berhasil meraih peringkat tiga besar. Berangkat dari keberhasilan tahun sebelumnya, warga Baralau menurutnya yakin akan mampu merebut peringkat yang lebih membanggakan. "Kenapa tidak ? Kami sudah memiliki modal awal baik dalam menata lingkungan maupun cara menyusun data,” katanya.

Sementara Kades Baralau Arifuidin H Yusuf mengungkapkan, semenjak Baralau ditunjuk untuk kedua kalinya untuk mengikuti lomba desa, dirinya bersama warga langsung mempersiapkan keikutsertaan desa yang dipimpinnya mulai dari penataan lingkungan sampai kelengkapan administrasi desa.

Diakui Arifudin, persiapan menyambut lomba desa tahun ini tidak seberat persiapan tahun sebelumnya karena warga sudah terbiasa dengan lomba desa tahun 2013 lalu. “Untuk tahun ini hanya administrasi desa yang kami perbaiki, kalau masalah lingkungan warga sudah paham harus bagaimana,” katanya.

Karena itulah Arifudin meminta kepada semua tim juri untuk memberikan penilaian secara objektif.

Sementara dari tingkat pendidikan di desa Baralau, Kades melaporkan untuk penduduk buta huruf dari tahun sebelumnya turun menjadi 0,67 %, penduduk tamat SD naik 1,005 %, penduduk tamat SLTP naik 1, 011 %, penduduk tamat SLTA naik 1,045 % dan penduduk tamat D1, D2, D3, D4 naik 2,50 %.

Sedangkan pada bidang kesehatan masyarakat, jumlah bayi lahir naik 1,26%, bayi meninggal 0%, gizi balita naik 1,032%, gizi buruk 0%, balita gizi baik naik 1,04% cakupan imunisasi naik 3,17% dan angka harapan hidup naik 2,06%.(bop) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru