Akibat Hujan Deras, Jalan-Keli-Tente Nyaris Putus

Bima, KM Sarei Ndai.- Hujan deras yang mengguyur wilayah Bima Selasa lalu menyebabkan jalur yang menghubungkan Desa Keli dan Desa Tente di Kecamatan Woha nyaris putus. Akibatnya, arus transportasi di wilayah itu terhambat.

Pantaua KM Sarei Ndai di salah satu titik jalur tersebut dipenuhi batang dan ranting pohong. Material itu terseret arus banjir saat hujan lalu. “Hujannya sangat deras bahkan menyeret banyak ranting kayu dan tertumpuk di badan jalan,” kata Muhammad warga sekitar.

Kata Muhammad, setiap hujan deras pasti terjadi banjir kiriman dari arah pegunungan wilayah itu. Namun, hujan kali ini menyebabkan banjir hingga mampu menyeret berbagai sampah di sekitar pegunungan itu.

Akibat keadaan itu, mobil tidak bisa melintas kecuali sepeda motor dan benhur. “Itupun pengendara harus berhati-hati karena jalannya licin dan sempit,” katanya.

Diakui Muhammad, lokasi di sekitar itu kerap bermasalah jika terjadi hujan deras. Hal itu, disebabkan karena pengalihan alur sungai oleh beberapa pemilik lahan di sekitar itu. Sebelumnya, lanjut Muhammad, saat hujan deras tidak pernah terjadi banjir seperti itu, arus air mengalir di lokasi lain hingga menuju sungai utama dan sealnjutnya menuju laut.

“Setelah adanya pengalihan alur sungai kami jadi kesulitan jika terjadi hujan dan banjir,” katanya. (One) - (01)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru