Mahasiwa Asal Wawo Galakan Penghijauan

KM LENGGEWAWO,- Sebanyak 350 pelajar dan mahasiswa yang tergabung dalam ikatan Pelajar Mahasiswa Wawo (IPMW) dan Serikat Mahasiswa Wawo (Samawo)beberapa hari yang lalu menanam sekitar 800 bibit pohon trembesi di sepanjang bahu jalan negara mulai dari perbatasan Desa Ntori-Kelurahan Lampe Kota Bima hingga perkampungan Desa Ntori. Kegiatan itu dipandu langsung oleh Kepala UPT Dinas Kehutanan Wawo, Ruslan.

Ketua Samawo Kecamatan Wawo, Muhammad Akbar, mengatakan, kegiatan yang melibatkan ratusan pelajar dan mahasiswa se Kecamatan Wawo itu sebagai bagian dari upaya pelajar mahasiswa untuk berkontribusi secara aktif, dalam gerakan menanam yang menjadi salah satu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima.

Tidak hanya itu, katanya, jajaran Dinas Kehutanan seharusnya menjadi mitra dalam menghijaukan alam di Wawo. Apalagi, daerah dataran tinggi Wawo dikenal sebagai daerah penyangga bagi Kabupaten Bima dan Kota Bima. Tentu saja kegiatan yang digagas mahasiswa dan pelajar itu, diharapkan mampu memotivasi generasi muda untuk terus mencintai lingkungan dan melesatarikannya bagi kepentingan masa depan.

“Upaya menanam bibit pohon ini, menjadi salah satu bentuk mitigasi terhadap bencana banjir dan tanah longsor. “Jenis pohon trembesi diharapkan tetap menghijaukan Wawo dan sekitar, sehingga akronim Wawo dengan wajah alami wibawa orangnya tetap mampu dipertahankan,” katanya di Wawo.

Hal senada dikemukakan Ketua Ikatan Pelajar Mahasiswa Wawo (IPMW), Jamaludin. Kegiatan ini menarik karena setiap pelajar mahasiswa membawa sendiri bibit pohon yang ingin ditanam, sehingga kegiatan ini berlangsung lancer dan cepat. Kebersamaan seperti ini jarang terjadi dan momen penanaman bibit pohon itu sebagai bentuk kepedulian pelajar mahasiswa untuk senantiasa memerhatikan lingkungan, terutama melestarikan hijaunya alam di Wawo. (HMN/EI) - (01)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru