logoblog

Cari

Reboisasi Lahan Dan Hutan Banggo

Reboisasi Lahan Dan Hutan Banggo

Jajaran TNI, Polri, Pemerintah Dompu dan masyarakat akan melakukan reboisasi, penanaman kembali pohon di hutan Kabupaten Dompu. Kegiatan ini dilakukan setelah

Lingkungan

Rintam Sanghiyang
Oleh Rintam Sanghiyang
02 Desember, 2019 16:06:37
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 391 Kali

Jajaran TNI, Polri, Pemerintah Dompu dan masyarakat akan melakukan reboisasi, penanaman kembali pohon di hutan Kabupaten Dompu. Kegiatan ini dilakukan setelah melihat kondisi lahan dan hutan di Kabupaten Dompu khususnya di Desa banggo Kecamatan Manggalewa mulai gundul.

Kondisi hutan di beberapa wilayah di NTB pada umumnya dan Dompu khususnya mendapat perhatian dari Kementerian Kehutanan RI. Mereka akan melakukan program rehabiltasi lahan dan hutan (RLH) yang melibatkan semua komponen masyarakat, salah satunya Koramil 1614-06/Manggalewa.

Komandan Kodim 1614/Dompu Letnan Kolonel Inf Ali Cahyono, S.Kom., disela-sela kesibukannya di Makodim Dompu mengatakan luas lahan yang akan ditanami dengan berbagai pohon sekitar 351 hektar hingga Januari 2020 mendatang.

Menurutnya Reboisasi akan melibatkan Koramil dan Polsek Manggelewa, Pemerintah Desa Banggo, anggota KPH Manggelewa, anak-anak sekolah dan masyarakat pengelola lahan di So Nteko Dungga Dusun Mpongge Desa Banggo Kecamatan Manggelewa.

“Hari ini dilaksanakan penanaman secara simbolis beberapa jenis bibit pohon seperti nangka, kemiri, durian dan mahoni,” ujar Dandim.

 

Baca Juga :


Dalam pelaksanaannya, lanjut Dandim, Kementerian Kehutanan bekerjasama dengan CV. Johar Putra selaku penanggung jawab rehabilitasi lahan dan hutan memberikan bibit pohon untuk ditanam sendiri oleh masing-masing petani pengelola lahan dengan harapan pada Januari mendatang, semua lahan dan hutan sudah selesai di reboisasi.

Untuk Program RLH, pihaknya siap memberikan bantuan dan dukungan untuk mensukseskan penghijaun lahan dan hutan sehingga lahan dan hutan kembali terlihat hijau dan tidak gersang pada musim kemarau.

Ia mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga, merawat dan mengawasinya agar pohon bisa tumbuh mengingat sekarang waktu yang tepat untuk penamanan. “Mari kita jaga dan merawatnya untuk kepentingan bersama,” tutupnya. (Penrem 162/Ed)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan