logoblog

Cari

Polindes Dan Tumpukan Sampah

Polindes Dan Tumpukan Sampah

                  Poto samping kiri Polindes Aik Embuk                           &n

Lingkungan

M. Rizki Maulana
Oleh M. Rizki Maulana
15 November, 2019 09:52:02
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 731 Kali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Poto samping kiri Polindes Aik Embuk                               Poto depan Polindes Aik Embuk      

 

Baca Juga :


 

“Tumpukan sampah di samping Polindes, menyita perhatian”

15/11/2019. Polindes merupakan sarana pelayanan kesehatan di tingat desa. Polindes tempat pemerikasaan ibu hamil, bayi, anak dan bahkan tempat pertolongan persalinan. Ia juga, sebagai bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat guna membantu persalinan selain Puskesmas dan Rumah Sakit.  

Sedangkan sampah merupakan momok kehidupan masyarakat. Sampah terdiri dari dua katagori yakni organik dan anorganik (dedaunan dan pelastik atau blink). Sampah bisa menimbulkan bau taksedap dan bahkan penyakit, datang dari bakteri pathogen.

Dua hal tersebut diatas sangat jelas kontradiktifnya. Namun, terlihat tumpukan sampah berdampingan “mesra” di samping tembok Polindes dusun Aik Embuk Desa Mekarsari Kc. Suela. Lotim.

Dari hari kehari, tumpukan itu terlihat menggemuk. Mungkin karena aktivitas warga baik itu sengaja atau tidak sengaja membuang sampah. Hal itu, cukup menyita perhatian bila berkendara melewati Polindes tersebut. Juga, secara kebetulan jalur itupun menuju arah Kantor Desa Mekarsari.       

Pemandangan ini sangat merusak keindahan apalagi bicara soal kesehatan. Padahal komitmen pemerintah Kabupaten dan Provinsi melalui program penanganan sampah dan stunting (kekerdilan fisik dan otak pada anak) selalu di gaungan melalui media sosial. Ternyata belum sepenuhnya di perhatikan oleh masyarakat bahakan pemerintah setempat.

Selain itu juga, menjadi kehawatiran bila terjadi hujan. Parid yang ada akan mengalami penyumbatan. Air meluap hingga mengakibatkan banjir dan menggenangnya air kotor ke beberapa pemukiman warga. Terlepas dalam bebrapa bulan ini tidak pernah terjadi hujan. 

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan