logoblog

Cari

Sungai Pemakak Difungsikan Jadi TPS

Sungai Pemakak Difungsikan Jadi TPS

Giri Menang, KM. Tahun 1980-an, Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemakak menjadi salah satu penghubung menuju hulu sungai. Alirannya tak lagi menghambat,

Lingkungan

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
20 Agustus, 2019 12:44:35
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 782 Kali

Giri Menang, KM. Tahun 1980-an, Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemakak menjadi salah satu penghubung menuju hulu sungai. Alirannya tak lagi menghambat, ekosistem pun hidup dengan layak, sehingga lingkungan menjadi asri dan terawat.

Sekarang, DAS Pemakak yang berada di Dusun Dasan Geria Timur, Desa Dasan Geria Kecamatan Lingsar ini, tidak lagi berfungsi layaknya sungai. Namun sungai yang menjadi rumah plangton dan sejumlah jenis ikan ini sudah dialihfungsikan. Tidak lagi menjadi aliran sungai, tetapi berubah menjadi Tempat Pembuangn Sampah (TPS) bagi warga sekitar.

“Dulu, di sungai ini menjadi tempat yang bermanfaat, bahkan dijadikan warga sebagai MCK sebelum ada gaung program jambanisasi,” tutur salah satu warga setempat yang enggan dipublis identitasnya. Namun kata dia, itulah realitasnya, warga seenaknya membuang sampah ke tengah sungai tanpa ada yang melarang. Kadus (Kepala Dusun) setempat, juga seperti terhipnotis, tanpa harus bisa berbuat apa-apa.

Sebagai warga biasa, diharapkan ada tindakan. Ada konsekwensi bagi warga yang kedapatan, sengja membuang sampah ke dalam sungai. Atau mungkin saja, ada warga yang mendapatkan warga yang tengah membuang sampah, supaya ditegur dengan nada sopan. Karena tindakan ini akan berdampak positif, tidak saja bagi antar warga kampung, namun demi terawatnya lingkungan DAS, sehingga endingnya tidak menebar aneka macam penyakit.

 

Baca Juga :


Sejak 5 bulan terakhir, pasca warga memfungsikan sungai sebagai TPS, sekarang kondisi sungai menjadi tercemar. Lingkungan sungai juga menjadi kotor. Pemandangan tidak lagi sebagai layaknya sebuah sungai, namun telah berubah menjadi tempat sarang nyamuk dan lalat yang berpotensi membawa virus penyakit.

Ada warga lain yang membenarkan kondisi seperti itu. Bahkan ada pula yang menawarkan, supaya KM menyaksikan sendiri kondisi sungai Pemakak seperti apa. Yang jelas, warga sangat mengharapkan adanya perhatian, pengertian warga, pemerintah kampung hingga pemerintah kabupaten untuk memberikan tindakan positif.



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan