logoblog

Cari

Workshop Pengelolaan Sampah Tingkat Kabupaten

Workshop Pengelolaan Sampah Tingkat Kabupaten

Dompu 15 Agustus 2019, Masalah sampah memang salalu menjadi point penting untuk dibahas oleh semua kalangan, baik itu Kepala Desa maupun

Lingkungan

KM Creative
Oleh KM Creative
16 Agustus, 2019 14:13:30
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1989 Kali

Dompu 15 Agustus 2019, Masalah sampah memang salalu menjadi point penting untuk dibahas oleh semua kalangan, baik itu Kepala Desa maupun SKPD terkait.  Percepatan penurunan masalah sampah selalu digalakan oleh PEMPROV NTB lewat program Zero Waste.

Dalam Beberapa Kesempatan Bapak Gubernur NTB menghimbau “Menjadikan NTB sebagai Zero Waste tidak gampang, Namun dengan adanya Bank Sampah ini, Kami sangat terbantu dan yakin bahwa NTB sebagai Provinsi Zero Waste akan terwujud dengan cepat".

Bank Sampah Induk We SAVE bekerja sama dengan PLAN Indonesia mengadakan WORKSHOP PENGELOLAAN SAMPAH tingkat Kabupaten dengan tema “MEMBANGUN DESA DENGAN SAMPAH” Beberapa point yang dipaparkan oleh Pemateri Utama Bapak Agus Setiawan yang sering disapa Abu We SAVE adalah Pendidikan Berbasis Sampah, Bank Sampah, Meri Bersedekah dengan Sampah dan Mini Market dengan sampah.

“Program diatas merupakan program unggulan dari Yayasan We SAVE Dompu untuk mengatasi masalah sampah yang ada di Kabupaten Dompu. Program ini mulai kami galakan di tahun 2013 sampai hari ini dan perkembanganya sudah mulai terlihat. Dibuktikan dengan terbukanya BANK SAMPAH unit di Kec. Kempo dan Kelurahan Dorotangga juga diterapkannya Pendidikan Berbasis Sampah di SMK We SAVE CREATIVE INTERNATIONAL ISLAMIC SCHOOL dan menjadikan SMK tersebut sebagai sekolah pertama yang menerapkan Pendidikan Berbasis Sampah” Ujar Abu We SAVE.

Dikesempatan yang sama DINAS Lingkungan Hidup memberikan Apresiasi terhadap Bank Sampah We SAVE yang sudah membantu Pemerintah daerah dalam mengurangi masalah sampah. “Kami telah berusaha bekerja dengan maksimal untuk mengurangi masalah sampah ini namun kesadaran masyarakat menjadi point utama untuk mengurangi masalah ini. Di beberapa titik sudah kami simpan Kontainer sampah supaya masyarakat bisa memasukan kedalamnya namun dibeberapa titik masih ada masyarakat yang membuang diluar container” Sambung pemateri DINAS LH

 

Baca Juga :


Bank Sampah We SAVE memberikan pelajaran penting bagi semua kalangan tidak terkecuali pribadi saya ujar Ibu Komalasari “Terimakasih saya ucapkan kepada Yayasan We SAVE Dompu khususnya Bank Sampah We SAVE yang sudah membagi ilmunya kepada kami pada saat itu sehingga sampai saat ini kami bisa menjalankan Bank Sampah di Kec. Kempo. Alhamdulillah kesadaran Masyarakat Kec. Kempo akan sampah sudah mulai dirasakan, Hampir setiap minggu selalu ada masyarakat yang menabung sampahnya di Bank Sampah kami” Sambung Ibu Komalasari, selaku Pemateri juga pada saat itu.

Percepatan penurunan angka permasalahan sampah Kab. Dompu akan terasa dengan cepat mengingat sudah banyak Bank Sampah dan cara pengelolaan sampah yang kreatif. Sampah bisa bernilai uang juga sampah bisa bernilai emas apabila kita bijak menggunakan sampah dengan baik.

 



 
KM Creative

KM Creative

Nama : Adhar Aprianto Alamat : Dompu No. Contact : +6285205091879 Email : adharaprianto04@gmail.com Fb : Adhar Aprianto Ig : Adhar_Aprianto Membagikan Informasi Kampung Dalam Bingkai Kekinian

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan