logoblog

Cari

Komunitas Rastaliank Bergerak Kembalikan Keindahan Pantai Poto Batu

Komunitas Rastaliank Bergerak Kembalikan Keindahan Pantai Poto Batu

Sumbawa Barat, Diskominfo - Keindahan Pantai Poto Batu Taliwang dirusak ulah pengunjung yang tak bertanggung jawab. Untuk mengembalikan keindahannya Komunitas Penggiat

Lingkungan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
15 Juli, 2019 15:39:49
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1496 Kali

Sumbawa Barat, Diskominfo - Keindahan Pantai Poto Batu Taliwang dirusak ulah pengunjung yang tak bertanggung jawab. Untuk mengembalikan keindahannya Komunitas Penggiat Wisata Kreatif Rastaliank Kawa Pisak mengadakan Clean Up Day di sepanjang pesisir pantai Poto Batu Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Provinsi Nusa Tenggara Barat, Minggu (14/7/2019).

Komunitas Penggiat Wisata Kreatif, Rastaliank Kawa Pisak yang dinahkodai oleh Toniman Al-Kasim melakukan Clean Up Day bersama beberapa kelompok peduli lingkungan lainnya seperti Kelompok Laskar Sampah Kertasari, Slanker Taliwang, Pemuda Peduli Sampir, Kelompok Peduli Lingkungan (Kepuli), Kompi Handal, dan sejumlah siswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk membersihkan banyaknya sampah yang beserakan disepanjang bibir pantai Poto Batu yang membuat keindahannya tak lagi nampak, faktor utama dari numpuknya sampah adalah para pengunjung pantai tersebut yang belum sadar dengan kebersihan lingkungan sekitar.

Selain persoalan sampah, yang menjadi titik permasalahan utama juga banyaknya coretan-coretan abstrak pada batu-batu besar yang menjadi Icon di pantai tersebut sehingga hal tersebut membuat geram beberapa pihak yang prihatin dan sadar akan keindahan wisata KSB.  

Dalam pelaksanaannya, kelompok peduli lingkungan tersebut memungut sampah di sepanjang bibir pantai Poto Batu dari bagian selatan ke bagian utara dan melakukan pemisahan antara sampah organik dan non organik sehingga sampah-sampah tersebut bisa dimanfaatkan kembali.

Menurut Andi Irma selaku koordinator Laskar Sampah sekaligus Aktivis peduli lingkungan "Kegiatan seperti ini memang salah satu cara untuk tetap menjaga kebersihan pantai yang ada di KSB, namun yang terpenting adalah bagaimana menyadarkan wisatawan untuk tetap bisa menjaga kebersihan demi kenyamanan semua pihak". Ujar Andi

 

Baca Juga :


Tidak jauh berbeda dari yang disampaikan Andi Irma. Koordinator kegiatan Clean Up Day, Yudi, menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Yudi berharap, agar pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata memberikan perhatian dan sanksi bagi pengunjung yang tak bertanggung jawab dan lebih memperbanyak tong sampah yang di sekitat pantai Poto Batu.  

Tingkatkan mutu pariwisata KSB dengan menjaga indahannya, sesuai dengan slogan dalam Bahasa Taliwang "Lamin no dita sai po, Lamin no io maya po" (Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi). (feryal/ika/tifa).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan