logoblog

Cari

Kongres Pemuda Presak Timur

Kongres Pemuda Presak Timur

Zaman yang berubah mengharuskan setiap orang memiliki cara sendiri untuk melakukan penyesuaian. Secara komunal, warga masyarakat di kampung perkotaan meski telah

Lingkungan

suryadi jamie
Oleh suryadi jamie
09 Juli, 2019 08:36:48
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 4165 Kali

Zaman yang berubah mengharuskan setiap orang memiliki cara sendiri untuk melakukan penyesuaian. Secara komunal, warga masyarakat di kampung perkotaan meski telah sepenuhnya beradaptasi dengan “desakan “ kota namun tetap menyisakan kesepakatan identitas sebagai bentuk keseimbangan.

Maruah, Takwa, Wibawa. Tiga kata ini menjadi panduan Kongres Pemuda pertama generasi muda Presak Timur. Kampung urban yang menjadi bagian dari Kelurahan Pagutan, kota Mataram di selatan kota menangkap kegelisahan warganya menghadapi banyak persoalan. Dikepung cara hidup yang berubah, beberapa anak muda mencoba mencari jalan tengah agar kampung mereka tetap menyumbangkan kontribusi pada dinamika pembangunan sekaligus bertarung dengan dinamika global.

Kongres yang digelar selama dua hari di Pondok Pesantren Nurul Quran itu menginisiasi banyak hal. Rekomendasi hasil kongres adalah sumbangan pemikiran dari kalangan generasi muda dengan mengidentifikasi masalah masalah internal yang menghambat kemajuan ataupun upaya menyambut kemajuan dengan memilih terlibat langsung sebagai penentu arah. Beberapa persoalan besar tentang kepemimpinan lingkungan, urusan kemasjidan, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan kepemudaan digelar terbuka dalam musyawarah sepuluh orang perwakilan dari setiap Rukun Tetangga (RT) sebagai anggota Kongres.

“Kongres ini sebagai cara membangkitkan kepedulian terhadap persoalan di sekitar kita. Ada banyak persoalan yang kita sama sama ketahui tapi jika tidak dipikirkan jalan keluarnya dan dilakukan bersama tentu tidak bisa”, ujar Ketua Kongres Pemuda Presak Timur Kesatu, Muhammad F Hafiz.

Selain untuk kepentingan sendiri, beberapa rekomendasi yang terkait  dengan pemerintah kota maupun stakeholder lain ikut didorong dalam Kongres. Beberapa rekomendasi seperti normalisasi kali sekitar kampung, biaya penelitian untuk pembuatan system informasi public, biaya pelatihan keterampilan dasar akan diperjuangkan di tingkat pemerintah.

Dukungan terhadap Kongres datang dari banyak pihak. Camat Mataram, Zarkasyi yang hadir saat pembukaan mengatakan kongres pemuda ini adalah yang pertama di kota Mataram. Harapannya, dapat ditiru oleh kampung kampung lain dalam mendukung pembangunan. Camat berharap kongres dapat membentuk organisasi kepemudaan lintas kampung sebagai bentuk persatuan para pemuda.

“Kita dorong Organizing Committee Organisasi Konferensi Pemuda Presak Timur segera menyiapkan langkah langkah menyambut dukungan dari banyak pihak untuk kampung kita ini”, sebut Hafiz.

Hal menarik lainnya adalah terkait suksesi kepemimpinan kepala lembaga kemasyarakatan yang dikenal dengan sebutan Keliang mengenai tata cara pelaksanaan pemilihan.

 

Baca Juga :


Peraturan Walikota Mataram tentang Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan ditetapkan pada 12 Agustus 2011 dan telah diundangkan. Penjelasannya, Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan adalah bagian dari wilayah kerja lurah dan merupakan lembaga yang dibentuk melalui musyawarah warga yang ditetapkan oleh lurah. Kepala Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan adalah orang yang dipercaya untuk memimpin lingkungan dan dipilih oleh masyarakat dan ditetapkan dengan keputusan lurah.

Mengenai kepengurusan, Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan adalah susunan organisasi dan personalia yang dipimpin oleh seorang kepala dengan jumlah pengurus sesuai dengan kebutuhan. Rukun tetangga (RT) adalah lembaga kemasyarakatan di lingkungan yang dibentuk melalui musyawarah warga setempat dalam rangka pelayanan pemerintahan dan kemasyarakatan yang ditetapkan oleh lurah.

Pembentukan Lembaga Kemasyarakatan Lingkungan sendiri wajib memperhatikan dan memenuhi persyaratan yakni jumlah penduduk minimal 600 jiwa atau 150 kepala keluarga dan didukung oleh kondisi sosial budaya masyarakat yaitu suasana yang memberikan kemungkinan adanya kerukunan hidup bermasyarakat dan kerukunan hidup beragama.

Pembentukannya juga harus dimusyawarahkan dengan komponen masyarakat baik tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun komponen masyarakat lainnya, kemudian dituangkan dalam berita acara hasil musyawarah yang ditandatangani oleh peserta musyawarah.
Setelah melalui musyawarah, Walikota akan melibatkan instansi untuk melakukan penelitian terhadap lembaga kemasyarakatan lingkungan yang akan dibentuk dengan memperhatikan persyaratan pembentukan. Apabila hasil penelitian telah memenuhi persyaratan, wali kota dapat membentuk lembaga kemasyarakatan lingkungan baru yang ditetapkan dengan keputusan wali kota.

Untuk pemilihan kepala lembaga kemasyarakatan lingkungan dilakukan juga melalui musyawarah untuk mufakat atau melalui pemilihan langsung oleh wajib pilih yang berdomisili di lingkungan yang bersangkutan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Musyawarah dan pemilihan kepala lembaga kemasyarakatan lingkungan difasilitasi oleh lurah dengan melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ketua RT dan lain-lain.

“Tinggal membuat rekomendasi tentang petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (Juklak dan Juknis) soal musyawarah secara lebih detail agar dapat digunakan juga oleh kampung kampung lain yang ingin menggelar pemilihan kepala Lembaga Kemasyarakatan. Jika ini terjadi maka kampung Presdak Timur menjadi yang pertama memberikan rekomendasi spesifik tentang Juklak dan Juknis musyawarah pemilihan Keliang”, jelas Achmad Fairuz Abadi, salah seorang pengawas Kongres.

Kepala lembaga kemasyarakatan lingkungan sendiri diangkat untuk masa jabatan paling lama lima tahun dan apabila masa jabatannya telah berakhir dapat dicalonkan kembali untuk masa jabatan berikutnya.

Beberapa hal lain yang menjadi rekomendasi dalam Kongres Pemuda Presak Timur pertama yang berlangsung 6 – 7 Juli 2019 itu adalah tentang peran pemuda dalam urusan kemasjidan, ekonomi maupun sosial kemasyarakatan.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan