logoblog

Cari

Sampah Menjadi Penyampah

Sampah Menjadi Penyampah

KM. Pohgading Timur – Sesuai harapan pemerintah provinsi nusa tenggara barata satu desa satu bank sampah agar provinsi nusa tenggara barat

Lingkungan

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
05 Juli, 2019 19:11:27
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 2720 Kali

KM. Pohgading Timur – Sesuai harapan pemerintah provinsi nusa tenggara barata satu desa satu bank sampah agar provinsi nusa tenggara barat bebas dari sampah, Kepala Desa Bintang rinjani mengundang direktur bank sampah bintang sejahtra mataram dan bank sampah asa community untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi penaggulangan penolahan sampah organic maupun anorganik. Pada cara tersebut kepala desa bintang rinjani bersama masyarakatnya sangat antosias mengikuti penyuluhan dan sosialisai di seiap kampung yang ada di desa bintang rinjani.

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi mulai dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, karena bapak kepala desa dan sekertaris membagi lokasi kegiatan tersebut di tiga tempat dimasing-masing kekadusan yang ada di desa bintang rinjani. Setiap lokasi kegiatan di koordinasikan oleh kepala dusun masing-masing.

Sebelum penyuluhan dan sosialisasi sambutan disampaikan oleh bapak kepala desa bintang rinjani kecamatan surala, bliau memberikan motivasi kepada warganya yang sangat menarik dimana “sampah tidak lagi jadi masalah akan tetapi bisa jadi penyampah”, mengapa demikian karena melalui bank sampah yang akan didirikan oleh kepala desa akan menyiapkan beberapa kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, minyak goring dan gura akan disiapkan di BUMDes yang akan dibentuk juga. Jadi warga bisa menyetor sampah dan bisa mengambil kebutuhanya sesuai dengan banyak sampah yang di setor ke bank sampah, tutupnya.

Kegiatan inti dari penyuluhan dan sosialisasi akan kami isi dengan menyampaika materi tentang cara pegolahan sampah organic disampikan oleh bapak Badri, S.Pd dimana dia sudah begitu mahir dalam pengolahan sampah organic menjadi pupuk organic. Sedangan pengolahan sampah anorganik akan disampaikan oleh bapak Syawal, SE direktur Bank Sampah Bintang Sejahtra.

Pemateri pertama diawali dengan pengolahan sampah anorganik  yang disampaikan oleh direktur bank sampah bintang sejahtra mataram bapak syawal, SE. Setiap awal pertemuan dimanapun selalu direktur bank sampah bintang sejahtra memberikan pertanyaan dengan harga pertanyaan 20 juta jika peserta bias menjawab pertanyaan dari direktur bang sampah, pertanyaanya sangat simple yaitu adakah peserta yang tidak membuang sampah dari bangun tidur sampai datang ke acara penyuluhan dan sosialisasi yang sedang berlangsaung? Semua peserta bengong dan tidak ada satupun yang bisa menjawab.

Pertanyaan kedua dengan hadiah yang sama 20 juta jika ada yang bisa menjawab yaitu apaah ada selokan atau sungai disekitar yang tidak terkotori oleh sampah? Semua pesertapun tidak bisa menjawab dan uang yg 40 juta yang disiapkan oleh direktur bank sampah bintang sejahta aman dan masuk ke dalam kantong lagi.

Lanjut ke materi yang akan disampaika cara pengolahan sampah yang ada di lingkungan sekitar. Pengolahan sampah berpusat di bank sampah, semua warga yang ada di desa bintang sejahtra adalah nasabah bank sampah semua warga akan menyetor sampah ke bank sampah dan petugas bank sampah yang akan memberian warga apa yang dinginkan entah berupa uang, beras, minyak ataupun gula sesuai kebutuhan warga setempat.

 

Baca Juga :


Mendengar penjelasan itu warga mulai senyum-senyum dan berkata ternyata samah bisa jadi apa yg kita inginkan. Adapun hasil pengolahan sampah yang menjadi contoh dibawa oleh direktur bank sampah bibtang sejahtra adalah sofa yang terbuat dari botol plastic dan harganya satu set sekitar 1,3 juta, batako dan pavin blok yang sudah jadi bahanya dari sampah plastic dan tas yang di buat dari kantong plastic yang harganya 400 ribu. Jadi sampah itu buakn musibah akan tetabi berkah tutup direktur bank sampah bintang sejahtra. Semua contoh itu menggunggah warga mulai dari besok akan mengumpulkan sampah dan akan dsetor besok bulan agustus pas launching bank sampah bintang rinjani dan BUMDes.

Selanjutnya pengolahan sampah organic yang di jelasakan oleh bapak badri, S.Pd yang sudah mahir mengolah sampah organic menjadi pupuk organic cair maupun padat dengan prodaknya Asa Green yang sudah bisa meraih peringkat tiga nasional di ajang pemilihan pemuda pelopor. Sebelum mulai melnjutkan materi pertama bapak badri juga bertanya kepada warga simple pertanyaannya yaitu apakah ada sisa sayur di dapur?, semua warga menjawab banyak dan itu dibuang begitu saja.

Mendengar penjelasan warga mulai bapak badri menjelaskan cara pengolahanya agar bisa menjadi pupuk organic dan bisa dgunakan merawat tanaman yang di budidayakan. Adapun cara yang dijelaskan juga sangat simple tinggal menaruh semua sisa sayuran ke dalam ember yang memiliki penutup dan di tambahkan gula merah dan air saja.

Semua warga menggerutu kalok begitu caranya sanagan mudah tdan bis menjadi pupuk bagi tanaman kami. Bukan hanya itu melainkan menjelaskan cara-cara pengolahan sampah baik dari kotoran ternak baik kotoran sampi, unggas maupun sampah dedaunan yang bisa diolah menjadi kompos untuk memupuk dilahan pertanian yang dimilikinnya. Jadi sampah oranik adalah sumber vitamin bagi tanah dan tumbuhan tutuap pak badri.

By: Badri_asa



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan