logoblog

Cari

Anggaran Minim, Pengelolaan Sampah Tidak Sesuai Harapan

Anggaran Minim, Pengelolaan Sampah Tidak Sesuai Harapan

Berbicara soal Sampah memang tak kunjung selesai. Sama halnya dengan persoalan sampah yang terjadi di Desa Terara. Padahal Pemerintah Desa Terara

Lingkungan

KM.Terara
Oleh KM.Terara
12 Juni, 2019 19:38:41
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 27030 Kali

Berbicara soal Sampah memang tak kunjung selesai. Sama halnya dengan persoalan sampah yang terjadi di Desa Terara. Padahal Pemerintah Desa Terara telah mempunyai mesin pengolah sampah dan telah beroperasi pada Tahun 2017.

Pada awal-awal TPA beroperasi Pihak Desa mengaku kekurangan Sampah namun tidak sampai 2 Tahun beroperasi mesin pengolah sampah sudah tidak bisa digunakan lagi dan hal ini menyebabkan sampah menumpuk sampai ke luar area TPA bahkan sampai mengeluarkan bau tak sedap dan tentunya mengganggu pengguna jalan. Beberapa kali masyarakat bersama Kepala Urusan Kewilayahan, Babinsa dan Pemuda melaksanakan gotong royong untuk membersihkan TPA supaya sampah tidak menumpuk namun karena makin tingginya konsumsi masyarakat sehingga membuat sisa konsumsi ( sampah ) pun semakin banyak. Di sisi lain hal ini di karenakan BPSD tidak berjalan sesuai harapan.

Padahal untuk biaya operasional sampah, Pemerintah Desa sudah membuatkan PERDES dan membentuk pengurus Badan Pengelola Sampah Desa ( BPSD ), di dalam PERDES masyarakat per Rumah diminta kontribusi Rp 5.000 setiap bulan. Selain itu dalam APBDes Desa Terara Tahun 2019 di alokasikan sekitar Rp. 45.000.000 untuk Pemeliharaan Fasilitas pengolahan sampah Desa ( Penampungan, Bank Sampah dll ) namun sampai saat ini sampah masih menumpuk di TPA Desa Terara.

 

Baca Juga :




 
KM.Terara

KM.Terara

insan dilahirkan di Desa Terara Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat, 32 Tahun Silam. sejak 2016 sampai sekarang aktif di organisasi kepemudaan ( Karang Taruna ) Desa Terara

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan