logoblog

Cari

GKPD Topang Misi NTB Gemilang

GKPD Topang Misi NTB Gemilang

Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) yang dimotorori oleh Balai POM Mataram semakin memantapkan visi misi NTB menjadi daerah yang Gemilang. Hal

Lingkungan

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
23 April, 2019 17:36:02
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1122 Kali

Gerakan Keamanan Pangan Desa (GKPD) yang dimotorori oleh Balai POM Mataram semakin memantapkan visi misi NTB menjadi daerah yang Gemilang. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMPD NTB Hendra Saputra, dalam pertemuan koordinasi lintas sektor penentuan target 76 desa GKPD, di Mataram (23/4).

"Kami berangkat dengan visi Gubernur NTB yaitu mewujudkan NTB yang Gemilang. Dari visi tersebut ada 6 misi yang menjadi program prioritas beliau. Terkait ketahan pangan kita masuk dalam visi ke 4 dan 5, yaitu NTB asri dan lestari serta NTB sejahtera, dimana penekanannya ada pada pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta penanggulangan kemiskinan. Hal tersebut dapat ditopang melalu program GKPD " jelas Hendra di hadapan para peserta yang terdiri dari perwakilan OPD terkait.

GKPD sendiri bertujuan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat desa di bidang keamanan pangan berbasis kearifan lokal. Dimana masyarakat diharapkan dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri, untuk menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman sekaligus memperkuat ekonomi desa.

Lebih jauh Hendra menjelaskan, dalam mewujudkan GKPD ada 3 aspek yang menjadi indikatornya. Ketiga aspek tersebut ialah, stabilitas ekonomi, akses fisik, serta aspek ekonomi yg bisa diupayakan masyarakat. 

 

Baca Juga :


"Hal tersebut harus terpenuhi untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Karena terpenuhinya pangan yang aman merupakan bagian dari hak asasi manusia," imbuhnya.


Gerakan GKPD sendiri telah dijalanlan sejak tahun 2014 yang lalu. Di tahun 2019 ini sebanyak 76 desa menjadi target GKPD . Ke-76 desa tersebut tersebar di 4 kabupaten di pulau Lombok,  diantaranya Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara (KLU). (novita-tim media) 



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan