logoblog

Cari

Sambut Hari Air Se Dunia, Sungai Bengok Jadi Sasaran Bersih Sungai

Sambut Hari Air Se Dunia, Sungai Bengok Jadi Sasaran Bersih Sungai

Dalam rangka memperingati Hari Air Se-Dunia ke-XXVII, sekaligus menyemarakkan HUT Kabupaten Lombok Barat ke-61, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I (BWS

Lingkungan

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
23 Maret, 2019 15:24:46
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1700 Kali

Dalam rangka memperingati Hari Air Se-Dunia ke-XXVII, sekaligus menyemarakkan HUT Kabupaten Lombok Barat ke-61, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I (BWS NUSRAS I), menggelar kegiatan bersih-bersih sungai. Kegiatan ini menyasar sepanjang ruas Sungai Bengok Kelurahan Dasan Geres, Kecamatan Gerung, Lombok Barat, Jum’at (22/3).

Peringatan Hari Air Se-Dunia, ditujukan sebagai upaya untuk menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih. Tujuan lainnya untuk usaha pengelolaan air yang berkelanjutan.

Saat ini, penggunaan air di dunia, naik dua kali lipat. Namun ketersediaan air yang siap pakai menurun. Penurunan diakibatkan oleh bertambahnya jumlah penduduk. Bahkan kerusakan lingkungan dituding sebagai salah satu biang kerok berkurangnya air bersih, abrasi pantai dan pembuangan limbah sampah sembarangan. Hal itu disampaikan Kepala BWS Nusraa I, Hendra Ahyadi dalam sambutannya.

“Sungai bukan tempat sampah sementara. Semua pihak berwajiban menjaga sungai akar tidak terkontaminasi,” kata Hendra seraya menambahkan, kegiatan ini sebagai upaya untuk memelihara sungai, sehingga tidak menimbulkan daya rusak sungai atau pencemaran air.

“Kalau daya rusak sungai atau pencematran air sungai sudah rusak, akan berdampak pada mahluk hidup dan lingkungannya,” jelas Hendra.

 

Baca Juga :


Sementara itu, bupati Lombok Barat melalui Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kesra, H. Fathurrahim, sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar BWS Nusa I ini. Kata dia, di Lombok Barat, terdapat 33 sungai yang rencananya sebagai titik sasar. Kegiatan bersih bersih sungai ini, lanjut Fathurahim, diawali dari sungai Bengok di Kelurahan Dasan Geres.

“Titik awal kita bersih sungai di sungai Bengok ini, sehingga komoditas yang ada di sungai tetap terwujud dan dipelihara bersama,” harap mantan Kadisnakertras Lobar ini.

Fathurrahim berharap, masyarakat dapat selalu menjaga kebersihan sungai, dan dapat memanfaatkan alam dan mengelola air sungai dengan baik untuk kehidupan.



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan