logoblog

Cari

Ribuan Mangrove untuk Mitigasi Bencana

Ribuan Mangrove untuk Mitigasi Bencana

Kondisi saat ini luas hutan mangrove yang rusak telah mencapai 1,81 juta hektar dari total 3,48 juta hektar. Kerusakan mangrove tersebut,

Lingkungan

Suparman
Oleh Suparman
11 Maret, 2019 15:52:48
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1513 Kali

Kondisi saat ini luas hutan mangrove yang rusak telah mencapai 1,81 juta hektar dari total 3,48 juta hektar. Kerusakan mangrove tersebut, berdampak pada hilangnya kemampuan menyerap 190 juta ton C02 setiap tahunnya dan meningkatkan kerentanan terhadap abrasi serta bencana tsunami.

Gerakan perempuan peduli Mangrove beranjak dari keprihatinan ekosistem Mangrove di Indonesia yang memerlukan perhatian khusus dari pemerintah, TNI Polri, BUMN, Mahasiswa dan kaum perempuan.

Gerakan penanaman Mangrove dengan tema “Penanaman Mangrove dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Membangun Peran Perempuan dalam Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim di Wilayah Pesisir” diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerjs (OASE Kabinet Kerja) berlangsung di Pantai Cemara Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB, Senin (11/3).

Perwakilan OASE Kabinet Kerja, Ibu Trisna Willy Lukman Hakim (Istri Menteri Agama RI), Ibu Shobibah Romlah Nahrowi (Istri Menteri Olahraga RI) didampingi Ketua Dharma Wanita Provinsi NTB Ny. Niken Saptarini Zulkieflimansyah, Ketua Dharma Pertiwi Daerah J NTB Ny. Kirana Rizal Ramdhani dan Ketua Bhayangkari Daerah NTB Ny. Risna Achmad Juri.

Mewakili OASE Kabinet Kerja, Trisna Willy Lukman Hakim (Istri Menteri Agama RI) mengatakan Indonesia memiliki Hutan Mangrove lebih dari 23 persen dari total luas mangrove di dunia.

“Telah kita ketahui bersama bahwa mangrove sangat bermanfaat bagi lingkungan kehidupan manusia. Antara lain sebagai penyerap polutan, mencegah intruksi air laut,sarana penelitian, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemindahan aneka biota laut, pelindung garis pantai dari abrasi dan tsunami serta tempat berlindung dan berkembangbiakkan berbagai jenis fauna laut,” ungkap Trisna Willy Lukman Hakim.

 

Baca Juga :


Istri Menteri Agama RI itu berharap bahwa mangrove yang ditanam di Lombok Barat ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat sekitar. Kegiatan penanaman Mangrove secara serentak juga akan sama-sama live streaming dengan Ibu Iriana Joko Widodo di pantai gelang provinsi Banten.

Sementara itu, mewakili Danrem 162/WB, Kasrem 162/WB Letnan Kolonel Inf Endarwan Yansori mengatakan siap mendukung setiap kegiatan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dengan berbagai upaya, salah satunya dengan penanaman pohon mangrove.

“Upaya seperti ini juga sebelumnya sudah sering dilakukan bersama jajaran dengan harapan terciptanya kawasan hijau di pinggir pantai selain untuk menjaga abrasi pantai,” ungkap Yansori.

Kemudian acara tersebut, dilanjutkan dengan penanaman 5000 pohon mangrove secara barsama-sama oleh pengurus OASE kabinet kerja diikuti oleh seluruh TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat. (Man-Tim Media)



 
Suparman

Suparman

nama Suparman, biasa di panggil Man. lahir di desa O,o Kec. Dompu, Kab. Dompu pada Tanggal 12 Februari 1992. anak pertama dari enam saudara. saya lahir dari pasangan Bapak A. Talib dengan Ny. Uniriyah. No HP 085337689025

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan