logoblog

Cari

Jalan Santai Rampok Plastik Sedotan

Jalan Santai Rampok Plastik Sedotan

Sampah plastik telah menjadi sesuatu yang akrab bagi kehidupan manusia. Hampir setiap aktivitas manusia menghasilkan sisa yang disebut dengan sampah plastik.

Lingkungan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
09 Maret, 2019 21:17:24
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 3281 Kali

Sampah plastik telah menjadi sesuatu yang akrab bagi kehidupan manusia. Hampir setiap aktivitas manusia menghasilkan sisa yang disebut dengan sampah plastik. Plastik dengan berbagai macam jenis dan bentuk telah ikut menyumbang sampah yang ada di muka bumi, baik di darat maupun di laut. Gejala kerusakan lingkungan fisik tersebut tentu menjadi suatu bahan pemikiran bagi pemerhati sampah karena siklus kehidupan di laut dan di darat akan terganggu.

Nurul Azmi adalah salah seorang pemerhati sampah dan juga sebagai dosen pada Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Mataram mengatakan  “Sampah plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai dalam tanah. Sampah plastik membutuhkan waktu ratusan hingga jutaan tahun untuk terurai. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan lingkungan yang lebih kompleks di masa depan. Akibat dari sampah plastik antara lain adalah mencemari tanah, mencemari air tanah dan air laut, menurunkan kesuburan tanah, menyebabkan penyumbatan saluran air, mengganggu kehidupan makhluk hidup, menurunkan kualitas air di lingkungan, dan mengurangi keindahan” ungkapnya.

Wardatul Jannah selaku Ktua Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Mataram “Salah satu sampah plastik yang menjadi penyumbang besar terhadap timbulan sampah plastik yang besar adalah sedotan plastik. Tanpa disadari penggunaan sedotan plastik telah menambah jumlah sampah plastik yang dihasilkan oleh manusia. Sedotan plastik seringkali dianggap remeh karena bentuknya yang kecil. Padahal benda kecil ini dapat menjadi gerbang masalah yang lebih besar,” ungkapnya.

Menurut Gendewa Tunas Ranca, yang juga salah seorang pemerhati sampah dan selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat “Sedotan plastik masuk dalam ke dalam 10 besar polutan laut. Berbahan dasar fosil, menyebabkan sedotan plastik nyari tidak dapat didaur ulang,” ungkapnya.

Banyaknya sampah yang ditemukan di laut dan di darat yang ada di wilayah Mataram, Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik UNU NTB melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan bertemakan “Jalan Santai Rampok Sedotan Plastik”.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa dan dosen Program Studi Teknik Lingkungan Unversitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat dilakukan sebagai wadah sosialisasi kepada masyarakat tentang sampah plastik terutama sedotan plastik agar para pedagang di acara CFD (Car Free Day) Udayana Mataram mau memberikan sedotan plastiknya untuk diberikan kepada Bank Sampah.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian sivitas akademika UNU NTB khususnya di Program Studi Teknik Lingkungan. Kegiatan ini pun juga bertujuan  untuk mengurangi sampah plastic, mengurangi risiko kerusakan lingkungan akibat sampah plastik dan memberdayakan masyarakat sekitar atau umum untuk ikut menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.

 

Baca Juga :


Sasaran dari program ini adalah bertambahnya pengetahuan, kepedulian dan keinginan masayarakat untuk mengurangi sampah plastik, terutama sampah sedotan plastik.

Target yang menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah para pedagang makanan dan minuman yang ada di CFD (Car Free Day) Udayana Mataram. Sedangkan luaran yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah terkumpulnya sedotan plastik yang selanjutnya akan dibawa ke bank sampah agar dapat dimanfaatkan. Selain itu, luaran dalam kegiatan ini adalah laporan akhir kegiatan yang dapat dijadikan dokumentasi kegiatan.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertemakan “Jalan Santai Rampok Sedotan Plastik” berlangsung selama satu hari yaitu pada hari minggu tanggal 3 Maret 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang mahasiswa, dan 3 dosen Program Studi Teknik Lingkungan UNU NTB, dan bekerja sama dengan Komunitas Nol Sampah Surabaya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh  kelompok pemerhati sampah dari Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Mataram juga melaksanakan sosialisasi mengenai sampah plastik kepada para pedangan, atau pada pengunjung.

Dalam sosialisasi tersebut, kelompok pemerhati sampah yang berasal dari kalangan mahasiswa dan dosen memberikan pemahaman atau pengetahuan kepada para pedagang makanan/minuman yang ada di CFD Udayana Mataram tentang bahaya sampah plastik yang telah meningkat.

Dari pemantauan, masyarakat menyadari bahwa sampah plastik dapat merusak lingkungan di masa depan. Hal ini terlihat ketika para pedagang mau menyerahkan sedotan plastiknya. Selain itu, Aryo (30 th) adalah seorang pedagang kaki lima  mengatakan “Saya akan selalu berusaha untuk menjual makanan/minuman tanpa sedotan plastik,” ungkapnya dengan bersemangat.

Menurut Rendy, salah seorang mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat “ Pada kegiatan ini telah berhasil dikumpulkan sedotan plastik sebanyak 955.000 dengan panjang mencapai 250 meter. Sedotan plastik yang telah dikumpulkan tersebut akan dibawa ke Bank Sampah Bintang Sejahtera Mataram untuk didaur ulang.” Ungkapnya sembari memperhatikan plastik sedaton yang telah terkumpul di depannya.

Kesimpulan, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tentu merupakan suatu upaya untuk  meningkatnya pengetahuan dan pemahaman target/sasaran/peserta kegiatan tentang sampah plastik dan pengelolaannya kepada masyarakat. Selain itu, mengingat besarnya manfaat kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, maka selanjutnya kegiatan ini perlu untuk dilanjutkan dengan cakupan daerah yang lebih luas dan peserta yang lebih banyak.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan