logoblog

Cari

Satu Desa Satu Bank Sampah

Satu Desa Satu Bank Sampah

KM. Pohgading Timur  Program satu desa satu bang sampah merupakan program pemerintah provinsi nusa tenggara barat dengan tujuan provinsi nusa tenggara

Lingkungan

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
06 Maret, 2019 19:23:25
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 6936 Kali

KM. Pohgading Timur  Program satu desa satu bang sampah merupakan program pemerintah provinsi nusa tenggara barat dengan tujuan provinsi nusa tenggara barat bebas dari sampah dan dampak dari sampah bagi kesehatan warga busa tengara barat serta lingkungan hidup yang lebih asri, bersih dari sampah. Memang di ketahui sekarang Negara Indonesia adalah Negara nomor 2 yang paling banyak sampahnya, oleh karena itu pemerintah provinsi menghimbau kepada para pemerintah desa yang menjadi ujung tombak dalam melaksanakan kegiatan ini. 
Pada hari senin tanggal 04/03/2019 di lapngan desa dasan lekong kegiatan sosialisasi prhadiriogram ini dihadiri oleh wakil gubernur Hj. Siti Rohmi Djalilah dan bapak bupati Lombok H.M Sukiman Azmy beserta bapak kadis LHK NTB, kadis PMD Lotim Kadis Dukcapil Lotim mengundang seluruh kepala desa dan para inisiator bank sampah yang ada di kabupaten Lombok timur guna membahas program yang akan dilaksankan bersama guna mendapatkan hasil yang maksimal dalam penanggulangan masalah sampah yang sekarang ini. 
Dalam kesempatan ini Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Hj. Siti Rohmi Djalilah mengingat kan akan pentingnya mengampayekan tentang NTB bersih sampah ( Zero Waste), tentunya harus ada dasar keseriusan dan kesadaran pemimpin di Desa baik dari kepala Dusun dan Kepala Desa itu sendiri,karena merupakan tonggak utama dalam menyukseskan program Nol Sampah jangan kemudian selalu berharap kepada Pemerintah Daerah dan Kabupaten, karena tegasnya kami di sini merupakan fasilitator buat kepala Desa.
Pada kesempatan ini Bupati Lombok Timur H.M, Sukiman Azmy, menghimbau bapak-bapak kepala desa untuk lebih sinergik dalam pengolahan sampah agar lombot timur bebas dari sampah  karena sampah ini banyak merugikan warga Lombok timur lebih-lebih sekarang ini kebanyakan warga Lombok timur terkena Stunting. Bahkan bapak bupati Lombok timur H.M Sukiman Azmy kepada camat dan kades yang konsisten menurunkan angka stunting, akan memberiakan reward 25 orang pertama akan di umrohkan gratis. 
Setelah itu Kepala Dinas PMD Kabupaten Lombok Timur, meberikan contoh kongkrit kepada para Kepala Desa yang hadir untuk di berikan support dari keberhasilan Kepala Desa Dasan Lekong yang selama 8 bulan, sudah mampu menjalankan kebersihan sampah, Lalu kemudian, Kepala Desa Dasan Lekong menjelaskan, semua kami berangkat dari niat yang kuat kemudian kesadaran tentunya tidak lah mudah dalam merintis, tidak serta merta berhasil namun dengan berbagai metode pendekatan kepada masyarakat untuk mensosialisasikan juga dengan cara mendatangi setiap Musholla untuk mengedukasikan kepada lapisan Masyarakat.
Maslah sampah sebenarnya masalah kita semua jika memang kita sadar dan mau peduli terhadap sampah mungkin kita bebas dari ancaman masalah sampah baik penyakit stunting yang di sampaikan oleh bapak bupati Lombok timur H.M Sukiman Azmy, pasti akan teratasi oleh kesadaran kita semua. Sebenarnya bukan hanya Stunting tapi banyak penyakit dan imas dari sampah ini baik sampah organic maupun samh anorganik yang tidak kita pedulikan pasti sampah. 
Semoga saja desa-desa bisa memanfatkan putra putrid daerahnya untuk mengolah sampah agar penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh sampah tidak kita rasakan lagi serta apa yang diingikan oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kota bisa berjalan menjadi zero waste.
By:Badri_asa 

 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan