logoblog

Cari

Membuat Kompos Bersama Siswa SMK NW Kokok Putik

Membuat Kompos Bersama Siswa SMK NW Kokok Putik

KM. Pohgading Timur – Berawal dari rasa peduli terhadap lingkungan hidup yang semkin hari semakin banyak sampah khusunya kotoran ternak yang

Lingkungan

KM Pohgading Timur
Oleh KM Pohgading Timur
02 Maret, 2019 14:13:21
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 4335 Kali

KM. Pohgading Timur – Berawal dari rasa peduli terhadap lingkungan hidup yang semkin hari semakin banyak sampah khusunya kotoran ternak yang ada di dusun kokok putik desa bilok petung kecamatan sembalun yang memiliki kotoran ternak yang begitu banyak dan tidak diolah oleh masyarakat sekitar dan kotoran ternak menjadi sumber masalah bagi masyarakat sekitar terutama masalah kesehatan. Banyak penyakit yang di timbukan akibat penimbunan kotoran yang sangat banyak  seperti tipus, diare dan banyak penyakit lainnya yang di akibatkan penimbunan kotoran ternak yang tidak diolah menjadi kompos.
Melihat kenyataan yang ada siswa-siswi mengambil kotoran ternak yang banyak dan di olah menjadi kompos agar bisa bermanfaat bagi masyarakt sekitar, di gunakan pada lahan perkebunan dan lading yang dimiliki. Selain itu manfaat yang di dapatkan oleh masyarakat sektar adalah bebas dari beberapa penyakit yang di timbulkan oleh kotoran ternak yang begitu banyak yang asa disekitar.
Sebelum kami merealisasikan apa yang di ingingkan oleh siswa-siswi kami, kami lakukan pembelajaran tambahan bagi siswa-siswi agar bisa mengolah kotoran ternak menjadi kompos yang bisa di manfaatkan kembali bagi masyarakt sekitar. Dalam proses pembalajar siswa-siwi kami sangat antosias dalam pembelajaran yang singkat kami lakukan  dan siswa-siwipun ingin secepatnya melakuakan pengolahan kotoran ternak menjadi kompos.
Selang beberapa hari sesudah bahan di angkut dari kandang warga kamipun membuat kompos sekitar 50 kwintal kotoran ternak yang kami olah menjadi kompos. Ini baru awal yang kami lakuakn dan kami berharap kami akan akan membauat terus menerus dan hasil dari pengolahan ini akan di berikan kepada masyarak selain itu bisa di perjual belikan ke para petani yang ada di sembalun. Besar harapak proses pembuatan kompos dari kotoran ternak ini berjalan dan produksinya semakin banyak agar kotoran ternak habis menjadi kompos yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
By: Badri_asa

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan