logoblog

Cari

Kembalikan Fungsi Hutan dengan GNPDAS

Kembalikan Fungsi Hutan dengan GNPDAS

Hutan merupakan paru-paru dunia. Salahsatu cara menjaganya dengan menjaga hutan agar tidak ditebang pohon dan ekosistemnya. Wakil Gubernur NTB mengapresiasi Pencanangan

Lingkungan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
20 Desember, 2018 21:45:29
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1360 Kali

Hutan merupakan paru-paru dunia. Salahsatu cara menjaganya dengan menjaga hutan agar tidak ditebang pohon dan ekosistemnya. Wakil Gubernur NTB mengapresiasi Pencanangan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Tahun 2018, di Lombok Barat, Kamis (20/12).

Kegiatan GNPDAS  dengan penanaman pohon disekitar aliran sungai di Dusun Tunggu Desa Kuripan Selatan Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat,

Wagub mengingatkan  pentingnya menjaga hutan untuk keberlangsungan kehidupan.”Kalau hutan ditebang akibatnya musibah longsor dan banjir pasti menerjang saat musim hujan,” pesan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah.

Masyarakat harus berperan aktif menjaga dan melestarikan lingkungan terutama kawasan hutan dengan reboisasi dan tidak menebang pohon secara liar sehingga keberadaan hutan bisa memberikan manfaat bagi kita terutama bagi generasi penerus.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., yang turut serta dalam kegiatan tersebut menyampaikan pemulihan daerah aliran sungai yang dapat membantu memberikan kesejahteraan kepada rakyat, juga untuk menjaga kelestarian lingkungan disekitar aliran sungai sekaligus mengembalikan fungsi hutan.

"Penanaman ini juga sekaligus dalam rangka memperingati penanaman pohon sedunia khususnya di Indonesia," kata Perwira lulusan Akmil 93 tersebut.

 

Baca Juga :


Puluhan ribu pohon yang ditanam hari ini terdiri dari gamelina, mahoni, bajur, beringin, sengon dan jenis pohon buah seperti alpukat, kemiri, kelengkeng, matoa dan masih ada ada juga yang lain.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan NTB, Ir. Madani Mukarom mengatakan bahwa gerakan menanam pohon ini agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Gerakan pemulihan daerah aliran sungai ini selain melibatkan ASN juga melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda serta masyarakat setempat untuk kelancaran pelaksanaan program penanaman pohon.

Gerakan GNPDAS juga dihadiri Sekda NTB  Ir. H. Rosiady Sayuti, M.Sc., P.hD, Danlanud Rembiga, Danlanal Mataram, Kadishut NTB, Sekda Lobar, OPD lingkup Provinsi NTB dan Kabupaten Lobar. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan