logoblog

Cari

Lestarikan Lingkungan Hidup Dengan Usaha Kreatif

Lestarikan Lingkungan Hidup Dengan Usaha Kreatif

Kegiatan Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi di halaman Kantor Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali diselenggarakan. Kegiatan yang digelar setiap

Lingkungan

Putri Arifatul Fajriyah
Oleh Putri Arifatul Fajriyah
01 Desember, 2018 05:25:55
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 3434 Kali

Kegiatan Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi di halaman Kantor Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali diselenggarakan. Kegiatan yang digelar setiap Jumat pagi ini bertajuk “Saya Berani, Saya Sehat” untuk memperingati hari AIDS sedunia. Namun dalam pelaksanaannya kali ini,  kegiatan Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi juga membahas tentang lingkungan hidup.

Masuk pada sesi pembahasan tentang lingkungan hidup, Bintang Sejahtera, salah satu wirausaha sosial yang berfokus pada pelestarian lingkungan, khususnya masalah penanganan sampah, pengembangan ekonomi lokal, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia ini menyampaikan informasi mengenai salah satu program utama mereka yakni Bank Sampah.

Bank sampah telah beroperasi sejak 2010 dengan kegiatan utama mendaur ulang sampah organik dan anorganik. Target bank sampah adalah mengumpulkan 2 ton sampah dalam waktu 1 bulan agar dapat mengajukan modal kepada bank sampah pusat sebanyak 10 juta rupiah untuk wirausaha. Dari adanya bank sampah tersebut, masyarakat bisa membantu melestarikan lingkungan sekaligus terjun ke dunia wirausaha dan membantu perkembangan ekonomi lokal.

Selain bank sampah, dalam pembahasan terkait lingkungan hidup ini juga dibahas tentang berbagai bentuk usaha kreatif masyarakat yang bisa membantu meningkatkan ekonomi lokal, seperti produk kerajinan berbahan dasar sampah plastik, hasil hutan bukan kayu, produk eco green, dan sebagainya. Dr. H. Zulkieflimasnyah selaku Gubernur Provinsi NTB mengajak pemerintah daerah dan masyarakat mendukung berbagai usaha kreatif tersebut.

 

Baca Juga :


“Banyak pengrajin kita ini sudah memamerkan, membawa produknya ke sini, jangan sampai kita hanya lihat saja kemudian puji-puji tapi gak beli. Jadi minimal kita semua juga kalau ada produk yang menarik, harganya masuk akal, affordable, bisa terjangkau, kita juga harus membeli,” ungkap Gubernur.

Seperti biasa, kegiatan Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi menjadi wadah penampung aspirasi masyarakat. Masyarakat yang hadir dapat menanyakan apa saja kepada Gubernur dan Wakil Gubernur sesuai dengan tema yang diangkat hari itu, dan akan dijawab langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur, atau pemerintah daerah yang berwenang sesuai bidangnya masing-masing.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan