logoblog

Cari

Tutup Iklan

Aksi Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB

Aksi Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB

Sampah memang telah menjadi masalah laten dunia. Di NTB saja, masyarakat perharinya bisa menghasilkan kurangt lebih 1.400 m2 sampah. Yang sayangnya,

Lingkungan

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
17 Oktober, 2018 11:39:38
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1428 Kali

Sampah memang telah menjadi masalah laten dunia. Di NTB saja, masyarakat perharinya bisa menghasilkan kurangt lebih 1.400 m2 sampah. Yang sayangnya, 30-40 m2 dari total tersebut belum bisa diselesaikan. Untungnya, provinsi yang tengah gencar-gencarnya mempromosikan sector wisatanya ini juga memiliki salah satu Bank Sampah yang cukup produktif memberdayakan sampah, ialah Bank Sampah Bintang Sejahtera besutan putra daerah asli NTB.

Hal tersebut adalah sebagian kecil perihal sampah yang dibahas saat Focus Group Discussion bertajuk Strategi dan Aksi Pengelolaan Sampah yang digelar Balai ITE Diskominfotik NTB, (17/10). Dalam FGD yang dihadiri oleh berbagai perwakilan SKPD lintas Sektor dan umum tersebut  juga mencuat berbagai gagasan untuk menyelesaikan masalah sampah yang hingga kini sepertinya belum menemukan titik yang benar-benar terang.

Syawaludin, SE, Direktur Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB sekaligus narasumber dalam FGD ini banyak memaparkan konsep-konsep yang telah diterapkan oleh Bank Sampahnya. Sekiranya, konsep-konsep tersebut dapat diteruskan kepada pengambil kebijakan dalam hal ini pemerintah provinsi NTB untuk diterapkan dalam cakupan yang lebih besar.

Salah satunya adalah pengembangan Bank Sampah oleh Bintang Sejahtera NTB tahun ini ditargetkan untuk 50 Desa miskin di NTB. Bank Sampah ini dibina secara berkelanjutan sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perubahan ekonomi dan social masyarakat, sebagai anggota Bank Sampah di masing-masing Desa.

“Selain itu, kami juga berjuang bagaimana membuat masyarakat kita teredukasi  dalam memperlakukan sampah yang dihasilkan. LSM dan Pemerintah harus bekerjasama dalam menyelesaikan masalah ini,m” jelas Direktur Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB yang konon akrab disapa Ustad sampah ini.

 

Baca Juga :


Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB sendiri telah mendapatrkan Penghargaan UID-UNSDSN Award yang diberikan untuk proyek sosial dan ekonomi yang mampu menjadi solusi bagi pembangunan berkelanjutan di daerah pada tahun 2017.

Bank Sampah Bintang Sejahtera NTB berdiri pada Juli 2010 dengan tujuan mencari solusi untuk masalah sampah, pengembangan kewiraswastaan ​​lokal, pemberdayaan masyarakat dan dukungan pemerintah NTB untuk mengelola sampah dan lingkungan. Proyek ini adalah program pengelolaan sampah berbasis masyarakat. (ang/nov-tim media)


 



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan