logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pemuda Gunung Anyar Berbenah

Pemuda Gunung Anyar Berbenah

Sekotong Tengah KIM,-Merasa prihatin terhadap para pemuda di dusunnya.Dimana dalam Kehidupan sosial masyarakat,sifat gotong royong, rasa peduli sesama, sopan santun dan

Lingkungan

KIM SEKOTONG TENGAH
Oleh KIM SEKOTONG TENGAH
15 Oktober, 2018 08:41:38
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 2669 Kali

Sekotong Tengah KIM,-Merasa prihatin terhadap para pemuda di dusunnya.Dimana dalam Kehidupan sosial masyarakat,sifat gotong royong, rasa peduli sesama, sopan santun dan saling menghargai satu sama lain sudah tak ada lagi.Sementara, waktu mereka banyak di habiskan untuk berfoya-foya,menjadi latar belakang Heri Rahman,bergerak memulai perubahan.

“Rasa prihatin tersebut menjadi dasar saya berfikir bahwa harus ada yang bisa merubah ini dengan cara membangun karakter, Pola fikir agar menjadi lebih baik,” Cerita Pemuda asal Dusun Gunung Anyar Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong ini,memulai kisahnya.

Niatnya untuk melakukan perubahan bagi para pemuda di dusunnya di mulai sejak tahun 2016.Namun pembentukan kelompok remaja baru di mulainya pada tahun 2017.

“Karena selama dua tahun, saya fokus untuk mempelajari karakter mereka. Bagaimna mereka berinteraksi.Tujuannya untuk melihat titik celah,darimana dan bagaimna saya harus mulai membangun sebuah gerakan agar para pemuda,remaja dan orang tua bisa bersinergi satu sama lain,”Lanjut Putra pertama pasangan Sahrun dan Nuraini ini.

Banyak kendala yang di hadapinya saat akan memulai rencana pembinaan kelompok remaja di dusunnya tersebut.Mulai dari penolakan,di remehkan orang,para pemuda yang susah di atur,sulit di kumpulkan dan juga kesulitan melepaskan kebiasaan para pemuda dan remaja seperti main game, minum-minuman keras dll.

Namun semua kendala tersebut dapat di laluinya berkat kesabaran dan cara yang di gunakannya untuk bergaul dengan para pemuda.

“Saya harus berani berkorban waktu untuk begadang bersama mereka,mencari mereka sampai 2-3 kali di rumah,mencoba inovasi baru untuk membuat mereka nyaman dengan perubahan itu,” ungkap pemuda ganteng kelahiran 14 juli 1993 ini.

 

Baca Juga :


Seiring dengan berjalannya waktu,upaya memulai gerakan pemuda yang di gagas mahasiswa jurusan peternakan Unram ini, sedikit demi sedikit mulai membuahkan hasil.Kini Pemuda Gunung Anyar telah mulai berubah.Sebanyak 110 orang pemuda telah aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat.Mereka terorganisir dengan baik dengan berbagai kegiatan yang positif.

Ada les bahasa inggris dan penyuluhan KTP /KTA yang di koordinir seksi pendidikan.Sementara Seksi kesenian dan keterampilan memperdalam seni musik, pembuatan kerajinan barang bekas,juga kaligrafi Di samping itu ada kegiatan melestarikan kebudayaan.Bidang Olahraga dengan mebentuk tim sepak bola.Para pemuda juga rutin melakukan kegiatan membersihkan masjid dan gang setiap minggu dan mengumpulkan sampah non orgnik.

Untuk bidang keamanan dengan membuat jadwal ronda bagi pemuda.Merutinkan sholat maghrib berjamaah,yasinan lalu di tutup dengan sholat isya berjamaah dan juga selakaran.Merupakan berbagai kegiatan pemuda Di Dusun Gunung Anyar dalam bidang keagamaan.

Perubahan tersebut mendapat tanggapan positif masyarakat setempat,sebagaimana yang di sampaikan Muhamad Burham,Kasi Pemerintahan Desa Sekotong Tengah.

“Ya,sangat berdampak positif,para pemuda sudah di mulai tumbuh rasa kebersamaan,rajin ikut dalam berbagai kegiatan ke agamaan dan kegiatan budaya,” Kata Burham,Kasi Pemerintahan Desa Sekotong Tengah asal Dusun Gunung Anyar.(sid).



 
KIM SEKOTONG TENGAH

KIM SEKOTONG TENGAH

Kim ( Kelompok Informasi Masyarakat ) Desa Sekotong Tengah terbentuk sejak tahun 2017.Merupakan salah satu media untuk berbagi informasi yang di tulis oleh warga,dan untuk warga dan dari warga.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan