logoblog

Cari

Tutup Iklan

Manfaat Ronda Untuk Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Desa

Manfaat Ronda Untuk Keamanan Dan Ketertiban  Masyarakat Desa

KM-RENSING BAT_ Lingkungan masyarakat kecil di tingkat desa seperti Dusun dan RT memerlukan sistem keamanan lingkungan yang di singkat Siskamling sebagai

Lingkungan

KM Rensing Bat
Oleh KM Rensing Bat
28 September, 2018 07:12:43
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1292 Kali

KM-RENSING BAT_ Lingkungan masyarakat kecil di tingkat desa seperti Dusun dan RT memerlukan sistem keamanan lingkungan yang di singkat Siskamling sebagai salah satu usaha dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat di Desa.

Dalam rangka mengamankan lingkungan masyarakat dari gangguan kamtibmas seperti, Pencurian, Pembegalan, Curanmor dan gangguan kamtibmas lainnya, maka Pemerintah Desa Rensing Bat berencana melaksanakan kegiatan Siskamling dengan melaksanakan ronda.

Dari hasil musyawarah bersama Kepala Desa, Polmas, Babinsa, Kepala – kepala Dusun dan Ketua – ketua RT yang bertempat di Aula Kantor Desa Rensing Bat yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 19 September 2018 lalu memutuskan untuk di adakannya kegiatan Ronda di wilayah pemukiman warga dengan melibatkan masyarakat dengan di bantu kepolisian Sakra Barat bersama Polmas desa dan juga Babinsa Desa. Dalam musyawarah tersebut juga di sepakati untuk memasang Portal di setiap pintu masuk ke desa Rensing Bat sebagai upaya mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas dan monitoring dan mempunyai nilai dan fungsi tersendiri dalam upaya meningkatkan ketertiban dan keamanan di lingkungan pemukiman.

Di kesempatan lain, Kepala Kepolisian wilayah Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur H. M. Suyono pada hari Jumat, 21 September 2018 setelah selesai melaksanakan shalat Jumat yang bertempat di Masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat, Beliau mengajak kepada warga masyarakat untuk bekerjasama bahu membahu menjaga keamanan dan ketertiban untuk kenyamanan dan keamanan kehidupan bermasyarakat. “Jangan kita takut untuk menjaga desa kita ini dari mereka yang dengan sengaja ingin mengganggu ketentraman dan kenyamanan kita, Seperti pencurian yang sering terjadi akhir-akhir ini, Inti dari semua itu adalah kebersamaan, “Terang mantan Kapolsek Peringgabaya ini.

Ronda adalah berjalan keliling atau patroli untuk menjaga keamanan di desa baik dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan bermotor. Dalam ronda biasanya terbagi dalam beberapa kelompok untuk berpatroli menyebar di setiap jalan dan gang perumahan warga yang termasuk dalam satu desa atau dusun yang bersangkutan.

Manfaat dari pelaksanaan ronda itu sendiri sangatlah banyak yang diantara pokok intinya adalah, Menjaga keamanan dari segala macam tindak kriminal, Sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat dan musibah atauapun bencana alam, Sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat dan Meningkatkan rasa kebersamaan antar penduduk dalam suatu Dusun atau RT.

Pelaksanaan Siskamling di Desa Rensing Bat ini merupakan ide gagasan masyarakat desa Rensing Bat bersama pemerintah Desa Rensing Bat dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang tentunya hal ini dapat memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan Kamtibmas.

 

Baca Juga :


Kesadaran semua elemen masyarakat Desa Rensing Bat sangat di butuhkan dalam berpartisipasi di bidang keamanan dan ketertiban sehingga bisa terlaksananya kegiatan ronda ini dengan efektif, karena ini merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna untuk menumbuhkembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap warga masyarakat dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban di setiap lingkungan masing-masing.

Siskamling juga merupakan salah satu model polisi masyarakat dalam meberikan retribusi komunikasi serta informasi secara external dari dan untuk masyarakat merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Siskamling juga merupakan bentuk-bentuk pam swakarsa yang merupakan suatu komponen yang saling bergantung dan berhubungan, saling mempengaruhi untuk mendapatkan hasil adanya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan ketertiban masyarakat dalam upaya mendukung terwujudnya masyarakat madani yang adil, makmur dan beradab berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Menumbuhkembangkan sikap mental serta meningkatkan kepekaan masyarakat dan daya tanggap setiap warga masyarakat di desa Rensing Bat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungannya masing-masing dan terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungan Desa Rensing Bat adalah merupakan tujuan utama yang ingin dicapai oleh pemerintah Desa Rensing Bat.

Semoga dengan adanya kegiatan ronda ini nanti bisa mencegah terjadinya gangguan keamanan yang kerap terjadi di wilayah desa Rensing Bat yang merupakan wilayah perbatasan Lombok Tengah dan Lombok Timur yang sangat rentan terjadinya gangguan Kamtibmas. (a_m)



 
KM Rensing Bat

KM Rensing Bat

Desa Rensing Bat berbatasan dengan Kabupaten lombok tengah yang merupakan desa paling barat di Kecamatan Sakra Barat setelah Desa Sukarara dan Desa Rensing.Kepala Desa MUHAMMAD HILMI, SE HP.081803647953, IBRAHIM ARIFIN HP.087763052575 (penulis)

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan