logoblog

Cari

Tutup Iklan

Penananam Terumbu Karang di Soromandi

Penananam Terumbu Karang di Soromandi

  KM.RUNGGU-antisipasi kerusakan terumbu karang yang lebih parah, maka Satuan Polisi Air Kepolisian Resor Bima Kabupaten mengandeng Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten

Lingkungan

KM Monggo Runggu
Oleh KM Monggo Runggu
03 November, 2015 10:06:23
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 6516 Kali

KM.RUNGGU-antisipasi kerusakan terumbu karang yang lebih parah, maka Satuan Polisi Air Kepolisian Resor Bima Kabupaten mengandeng Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bima melakukan penanaman Terumbu Karang disekitar perairan Soromandi. Kegiatan itu berlangsung Senin (2/11) kemarin.

       Kasat Polair, AKP Sutriyanto SH mengatakan bahwa kegiatan penanaman Terumbu Karang dilakukan dalam upaya mengembalikan fungsi terumbu karang. “Terumbu karang di sekitar laut Soromandi sudah banyak yang rusak, makanya dilakukan penanaman kembali agar bisa berfungsi dan bernilai ekonomis,” terang Sutriyanto, kemarin di Panda.

       Lanjut Mantan Kapolsek Belo itu, Terumpu Karang yang ditanam itu sebanyak 150 biji. Merupakan bantuan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bima. “Kita mengerahkan Lima orang personil yang dibantu pegawai DPDK,” ujarnya.

       Menanaman disekitar laut Soromandi, katanya karena lokasi itu memiliki peluang untuk berkembangnya Terumbu Karang. “Ribuan spesies ikan ataupun biota laut sangat menggantungkan hidupnya di terumbu karang. Kerusakannya karena ulah manusia yang melakukan pengemboman ikan, salah satunya penyebabnya,” papar Mantan Kasubag Humas Polres Bima Kabupaten.

 

Baca Juga :


       Dengan tumbuh suburnya terumbu karang, maka masyarakat sekitarnya dapat memanfaatkan sebagai pusat rekreasi dalam air. Juga dapat mendirikan pusat penyelaman, snorkeling dan mancing mania. “Dengan suburnya Terumbu Karang, maka masyarakat disekitarnya akan meningkat pendapatan maupun ekonomi keluarga,” cerita Sutriyanto.

       Untuk itu, dihimbau masyarakat pesisir terutama para nelayan agar tidak merusak alam laut dan selalu menjaga kelestariannya. Kelestarian Biota laut harus dijaga dan dirawat, pasalnya Terumbu Karang memiliki potensi ekonomi yang sangat tinggi. “Saya berharap agar biota laut, kehidupan alam laut mampu dipelihara dengan baik guna kelangsungan hidup ribuan biota laut,” tandas Sutriyanto. (RIS) - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan