logoblog

Cari

Tutup Iklan

Budidaya Labu Air Di Pekarangan

Budidaya Labu Air Di Pekarangan

KIM_Lobar, Siapa yang tidak kenal buah labu. Semua mengenal buah labu sebagai sayuran yang nikmat. Namun belum banyak yang menanamnya. Menanam

Lingkungan

KIM_LOBAR
Oleh KIM_LOBAR
31 Juli, 2015 07:46:23
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 70325 Kali

KIM_Lobar, Siapa yang tidak kenal buah labu. Semua mengenal buah labu sebagai sayuran yang nikmat. Namun belum banyak yang menanamnya. Menanam labu air seperti yang di tanam di salah satu rumah warga di Desa Taman Sari tepatnya di Dusun Montong Sager nampak indah. Keindahan Nampak dari buah labu yang bergelantungan dengan ukuran yang cukup besar sekitar semeteran.

Pemilik yang tak mau disebut namanya itu menceritakan menanam buah lagu karena hobinya menanam holtikultura bukan saja buah lagu tapi yang lainnya juga.

Menurutnya menanam buah labu dapat dilakukan dimana saja bahkan di daerah yang panas maupun yang kering.

Cara menanamnya juga dilakukan dengan banyak cara sekaligus kegunaanya. Selain untuk sayuran tanaman juga bermanfaat untuk peneduh di saung sawah atau juga di pekarangan rumah. Pekarangan rumah menjadi teduh dan menimbulkan suasana yang sejuk.

Bagai menanam labu air tentu, tidaklah sulit dan tentu terlebih dahulu bagaimana mendapatkan bibit atau biji labu air ada langkah – langkahnya loh. Yaitu dilakukan dengan cara :

 

Baca Juga :


  • Memilih buah labu air yang umurnya cukup tua.
  • Buah labu tersebut selanjutnya dipotong melintang untuk diambil bijinya.
  • Biji-biji tersebut kemudian dicuci bersih dan dikeringkan di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2-3 hari (Kalau yang ingin praktis dan gak mau repot silahkan beli saja biji labu air ini di kios – kios pertanian )

Untuk yang ingin tahu menanam labu Air, ini lah cara saya:

  • Membudidayakan labu air terhitung tidak sulit. Proses penanaman diawali dengan membuat lubang penanaman dengan diameter 25 cm dan kedalaman 20 cm. Setiap lubang tanam diberi 5 kg pupuk kandang atau kompos sebagai pupuk dasar. Pupuk tersebut dicampur dengan tanah galian sehingga membentuk gundukan kecil. Seminggu setelah gundukan tanah tersebut terbentuk, lakukan penanaman dengan membenamkan 2 biji benih labu. Benih atau biji labu yang ditanam tersebut selanjutnya ditaburi dengan abu sekam atau dapur, guna menghindari serangan hama bekicot serta cacing. Abu dapur dipakai sampai pertumbuhan tanaman mencapai tinggi 25 cm.
  • Karena dalam pertumbuhan tanaman labu air membutuhkan para-para, maka terlebih dahulu harus kita buat para– para setinggi +/- 220 cm dengan tiang. Untuk bagian atasnya dapat menggunakan anyaman bambu. Sementara panjang dan lebar para-para disesuaikan dengan kondisi lahan serta jumlah tanaman yang kita tanam.
  • Setelah tunas – tunas labu air tumbuh, pastikan bahwa para-para yang telah kita pasang sebelumnya sudah berdiri dengan kokoh dan siap untuk dijadikan sebagai media rambat tanaman.
  • Ketika tanaman labu mulai tumbuh merambat atau menjalar, periksa kondisi sekitar lahan. Jika banyak dijumpai gulma atau rumput liar, lakukan penyiangan guna mengurangi bahaya hama dan penyakit tanaman, serta persaingan dalam memperebutkan unsur hara yang terdapat di dalam tanah .
  • Para-para mulai difungsikan begitu tanaman mengeluarkan sulur. Rambatkan sulur tanaman pada bambu yang ditancapkan di dekat batang tanaman, dan pastikan sulur tersebut merambat dengan benar, agar ketika mulai berbuah, bambu yang menjadi para-para tersebut ikut membantu batang dalam menyanggah beban buah.
  • Untuk pemupukan lakukan pemupukan seperti menanam tanaman yang lainnya, boleh menggunakan pupuk urea atau pupuk organik dan pupuk kandang. Tergantung selera kita. Pemanenan atau pemetikan buah jangan terlalu tua, kalau labu air air sudah tua maka tidak bisa kita jadikan sayura, kaena kulit labu air yang sudah tua akan keras dan daging buah didalamnya akan berserat.

Buah labu sangat banyak manfaatnya, maka dari itu jangan ragu untuk mengkomsumsi atau menanam buah yang satu ini, apa lagi untuk di manfaatkan sebagai sayur buah ini termasuk buah yang enak, selamat mencoba ya, semoga anda semakin sehat dengan mengkomsumsi sayur mayur dan buah alami sekaligus menjadikan suasana nyaman, adem dan asri. (made gambar) -05



 
KIM_LOBAR

KIM_LOBAR

Forkim Lobar adalah forum Kelompok Informasi Kabupaten Lombok Barat. beranggotakan 10 KIM di Lombok Barat. email : forkimlobar@gmail.com tlpon : 081237104010

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan