logoblog

Cari

Tutup Iklan

Potensi Biogas di Bima

Potensi Biogas di Bima

KM Wadupa’a:  Potensi biogas yang ramah lingkungan bisa menjadi solusi tepat untuk mengurangi rusaknya lapisan ozon akibat pembakaran energi fosil berlebihan.

Lingkungan

KM. Wadupa-a
Oleh KM. Wadupa-a
10 Desember, 2014 12:26:13
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 7479 Kali

KM Wadupa’a:  Potensi biogas yang ramah lingkungan bisa menjadi solusi tepat untuk mengurangi rusaknya lapisan ozon akibat pembakaran energi fosil berlebihan. Di Kabupaten potensi sapi yang mencapai 150 ribu prospek sebagai penghasil biogas untuk menyuplai kebutuhan tiga ribu kepala keluarga.

Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bima, Dr Mahjulan, SP., MP mengatakan, beberapa proyek biogas di Bima hampir tidak ada yang sukses. Hal itu karena pemikiran masyarakat yang menganggap harga bahan bakar minyak (BBM) masih bisa dijangkau dan memiliki stok kayu bakar.  “Karena kita masyarakat kita menganggap enteng, masih berpikir banyak kayu, belum terkena dampak subsidi minyak,” katanya di Bappeda belum lama ini.

Dikatakannya peran Satuan Kerja Perangkat Daerah terkait sangat penting, memulai gerakan penyadaran mengajak masyarakat mengandangkan sapi. Bila beberapa ekor sapi mampu menghasilkan kotoran hingga delapan kilogram setiap hari, maka akan mampu menghasilkan energi yang murah dan ramah lingkungan.  “Persoalannya sekarang ini dilematis, nggak gampang menyuruh orang Bima,” katanya.

 

Baca Juga :


Kendati demikian, menurutnya jika penggunaan energi alternatif terus digalakkan dan dikampanyekan, pada saat mendatang masyarakat akan peduli dan tertarik terhadap energi biogas. Karena selain menghasilkan energi, manfaat lainnya bisa diolah menjadi pupuk organik. “kalau hari ini mungkin melihat satu dua orang, tapi lamma lama akan banyak, memang inves sosial butuh waktu. (FS) - 05



 
KM. Wadupa-a

KM. Wadupa-a

Koordinator: FACHRUNNAS Email : kampungmediawadupaa@gmail.com Komunitas Jurnalisme Warga. Menyuguhkan Informasi seputaran Soromandi dan Wilayah Sekitar.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan