logoblog

Cari

Tutup Iklan

LIBUR JUM’AT MENDEKATKAN BIROKRAT PADA RAKYAT

LIBUR JUM’AT MENDEKATKAN BIROKRAT PADA RAKYAT

  KMKrens lotim – Momentum hijrah merupakan peristiwa penting dalam pergumulan perkembangan agama islam. Hijrah sebagai tonggak dakwah personal menjadi dakwah berjamaah.

Lingkungan

LIBUR JUM’AT MENDEKATKAN BIROKRAT PADA RAKYAT


KM. Krens-Lotim
Oleh KM. Krens-Lotim
30 Desember, 2013 13:29:51
Lingkungan
Komentar: 0
Dibaca: 1910 Kali

hijrah 150x150 LIBUR JUMAT MENDEKATKAN BIROKRAT PADA RAKYATKMKrens lotim – Momentum hijrah merupakan peristiwa penting dalam pergumulan perkembangan agama islam. Hijrah sebagai tonggak dakwah personal menjadi dakwah berjamaah. Hijrah sebagai tonggak dakwah. Sirri menjadi dakwah jahri. Hijrah sebagai awal terbentuk pemerintahan Islam di muka bumi. Dengan peristiwa hijrah dalam jangka waktu yang sangat singkat, yakni 23 tahun kenabian, Rasullah telah berhaasil membina sebuah negara yang berkembang dengan pesat karena berlandaskan nilai-nilai Al-Qur’an.
Peristiwa hijrah Rasulullah Muhammad saw dari mekkah ke madinah pada zaman pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab ditetapkan menjadi dasar penanggalan awal kalender hijriyah (Islam). Awal tahun hijriyah ditandai dengan datangnya bulan Muharram. Satu Muharram diperingati sebagai tahun baru hijriyah (Islam).
Seiring dengan otonomi daerah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, pemerintah daerah diberikan wewenang untuk mengatur daerahnya sendiri dengan memperhatikan potensi lokal dan keadaan sosial kemasyarakatan. Daerah-daerah yang masyaraktnya mayoritas Islam sesuai dengan visi kepala daeranya menyemarakkan peringatan-peringatan hari besar Islam. Salah satu adalah Kabupaten Lombok Timur dibawah kepemimpinan Al-Khair (H.M. Ali Bin Dachlan – H. Hairul Warisin). Muharram 1435 H. Merupakan tahun pertama kepemimpinan pasangan ini. Tahun baru Islam di peringati dengan berbagai kegiatan mengulang suasana Muharram lima tahun silam. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan antara lain, pawai alegoris, pameran pembangunan, pengajian muharram, pemberian santunan kepada anak yatim fakir miskin dan lain-lain. Suasana ini memang sangat kontras dengan suasana lima tahun terakhir. Visi-misi religius ini layak untuk diapresiasi dan di dukung oleh rakyat Lombok Timur.
Gerakan menyemarakkan syiar-syiar Islam di Kabupaten Lombok Timur diharapkan tidak berhenti pada peringatan hari-hari besar Islam. Tetapi ada pendekatan/gerakan yang memberikan peluang agar pemerintah/birokratlebih mendekatkan diri dengan rakyat yang dipimpin. Langkah yang paling tepat adalah mengubah libur resmi birokrasi dari ahad ke hari Jumat telah diuraikan pada tulisan yang berjudul, “LHK vs EHK & LIBUR JUMAT DALAM MENJEMPUT MUHARRAM”.
Mengapa mengubah libur dari hari ahad ke hari Jumat menjadi solusi mendekatkan pemimpin (birokrat) dengan rakya? Ini menjadi test cesh peringatan hari besar Islam dengan kualitas hari-hari besar Islam dengan kualitas intelektual dan amaliyah keagamaan para birokrat yang menjadi pejabat.


 

Baca Juga :




 
KM. Krens-Lotim

KM. Krens-Lotim

KRens-Lotim lahir sekitar akhir tahun 2009, di Rensing Kec. Sakra Barat Lotim Ponggawanya : Muh. Amin, S. Pd ( Ketua ), Chairil Anwar, S. HI ( anggota ) e-mail: mabiwa_nwrensing@yahoo.com HP: 081916354961, 082341828093

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan